SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

 

Kanalsemarang.com, KEBUMEN — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, segera menggelar pertemuan koordinasi dengan berbagai pihak terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah setempat pada 2015.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Divisi Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Kebumen Khusnul Khotimah di Kebumen, Sabtu, mengatakan rencana pertemuan koordinasi itu telah disusun untuk dilaksanakan pada Selasa (11/11).

“Besok Selasa (11/11) kami pertemuan koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten, pimpinan partai politik, juga dengan Polri dan TNI untuk rencana penyelenggaraan Pilkada 2015,” katanya, Sabtu (7/11/2014).

Jabatan bupati dan wakil bupati setempat akan berakhir pada Juli 2015, sedangkan penyelenggaraan pilkada rencananya secara serentak di seluruh Indonesia pada September 2015.

“Kalau berdasarkan perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang), secara serentak, informasi selanjutnya kami masih menunggu keputusan KPU Pusat. Untuk Juli, Agustus, sampai pelantikan bupati baru, memakai pelaksana tugas bupati,” katanya.

Ia mengatakan berbagai persiapan pilkada menggunakan dasar hukum Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada Langsung.

Ia menjelaskan koordinasi tersebut sebagai langkah awal dan merancang anggaran pilkada di kawasan selatan Provinsi Jateng itu.

“Koordinasi ini sebagai langkah awal, dan merancang anggaran, meskipun belum final, hanya dasar pemkab mengalokasikan anggaran. Untuk 2015 anggaran pilkada dari APBD,” katanya.

Pihaknya juga telah mengirim surat kepada dinas kependudukan setempat terkait dengan persiapan data penduduk dan DP4 (Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilu). Data penduduk sebagai dasar KPU menentukan jumlah dukungan untuk calon perseorangan, sedangkan DP4 sebagai dasar KPU menyusun daftar pemilih tetap.

Pada kesempatan itu, Khusnul juga mengatakan telah muncul rumor di masyarakat tentang berbagai figur di daerah setempat yang akan maju dalam pilkada mendatang.

“Sudah ada seletingan nama-nama, tetapi masih rumor dan belum dipastikan,” katanya.

Sebanyak 16 di antara 35 kabupaten dan kota di Jateng bakal menggelar pilkada pada 2015. Berbagai daerah itu, adalah Kota Semarang, Pekalongan, Surakarta, dan Magelang, serta Kabupaten Rembang, Blora, Kendal, Semarang, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Kebumen, Purbalingga, Wonosobo, dan Purworejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya