SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pilkada Kota Magelang sudah didepan mata. KPU Kota Magelang pun sipa berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memperbaharui data penduduk 

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang menjelang pelaksanaan Pilkada mendatang untuk pemenuhan data penduduk.

“Kami setiap bulan selalu up date data kependudukan dengan Disdukcapil Kota Magelang. Jumlah penduduk Kota Magelang per 22 Januari 2015 sebanyak 131.643 jiwa,” kata Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron seperti dikutip Antara, Selasa (3/2/2014).

Ia mengatakan jumlah penduduk tersebut menjadi dasar bagi calon perseorangan yang harus mengumpulkan dukungan KTP.

“Kisarannya sebesar itu, meskipun nanti ada perkembangan tidak akan berubah jauh,” katanya.

Selain itu, katanya data kependudukan tersebut untuk mengetahui jumlah penduduk yang berusia 17 tahun pada saat pemilihan.

Basmar mengatakan ada yang berbeda antara Pemilihan Presiden dengan Pemilihan Wali Kota, pada pilpres pendaftaran sebagai pemilih berdasarkan de fakto, yakni seorang tinggal di suatu daerah dia didaftar sebagai pemilih di tempat tersebut.

Kemudian untuk pilkada pendaftaran pemilih berdasarkan de yure, yakni dokumen kependudukan, pemilih harus mempunyai KTP Kota Magelang.

“Meskipun seorang ber-KTP Kota Magelang tinggal di luar Kota Magelang akan didaftar sebagai pemilih. Pemilih berdasarkan identitas kependudukan, bukan berdasarkan tempat tinggal maka kami selalu koordinasi dengan Disdukcapil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya