SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Petugas membawa kotak suara yang berisi logistik pemilu untuk pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 dari gudang logistik KPU Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/7/2014). Pada H-3 pemungutan suara Pilpres 2014, KPU Solo mulai mendistribusikan logistik pemilu ke tiga kecamatan, yaitu Laweyan, Serangan, dan Jebres. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Ilustrasi (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menyebutkan anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2015 mencapai Rp39 miliar.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Dana penyelenggaraan Pilwakot 2015 untuk dua kali putaran sudah dialokasikan oleh Pemkot Semarang melalui Peraturan Daerah Nomor 13/2012,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono seperti dikutip Antara, Senin (1/9/2014).

Melalui perda itu, menurut dia, sebenarnya dialokasikan dana sebesar Rp70 miliar dari APBD melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kota Semarang untuk Pilwakot Semarang 2015.

Dari Rp70 miliar alokasi anggaran untuk Pilwakot Semarang 2015, kata dia, KPU Kota Semarang hanya membutuhkan sekitar Rp39 miliar berdasarkan hasil penghitungan dan analisa biaya yang dilakukan tim ahli.

“Kami memang menyiapkan antisipasi untuk dua kali putaran. Jadi, kami ajukan Rp39 miliar itu untuk dua kali putaran. Kalau hanya satu putaran perkiraan kami hanya butuh Rp27 miliar,” ungkap Henry.

Kalau dibandingkan dengan penyelenggaraan Pilwakot Semarang pada 2010 lalu, kata dia, memang ada kenaikan alokasi anggaran karena saat itu hanya dialokasikan anggaran sekitar Rp17,9 miliar.

Sekarang ini, kata dia, KPU Kota Semarang masih menyiapkan penyusunan regulasi untuk penyelenggaraan Pilwakot Semarang 2015, diawali dengan regulasi tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya