SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkades (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pilkades serentak di Kabupaten Batang digelar 2016 dengan alokasi dana Rp1,2 miliar.

Kanalsemarang.com, BATANG– Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada 2016 telah mengalokasikan anggaran pelaksanaan pemilihan kepala desa tahap pertama sebesar Rp1,2 miliar.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Batang Rahmad Fadilah di Batang, Senin, mengatakan bahwa pelaksanaan pilkades tahap pertama ini akan diikuti oleh 30 desa yang tersebar pada 15 kecamatan.

“Pelaksanaan pilkades akan digelar Mei 2016. Oleh karena, pemkab melalui APBD telah menganggarkan pelaksanaan pilkades tahap pertama Rp1,2 miliar atau masing-masing per desa mendapat alokasi sekitar Rp40 juta,” katanya.

Ia mengatakan alokasi dana penyelenggaran pilkades itu Rp40 juta per desa ini bisa digunakan untuk pembelian tinta, kertas, biaya-biaya lainnya.

“Kami berharap alokasi dana itu bisa membantu penyelenggaraan pilkades sehingga bisa menghemat pengelaran para calon kepala desa,” katanya.

Terkait dengan tugas sekretaris desa (Sekdes) yang akan ditarik ke pemkab, ia mengatakan masalah itu masih dalam proses penataan.

“Ya memang jabatan sekdes akan ditarik ke pemkab pada 2016. Setelah semuanya proses tahapan peraturan selesai, jabatan sekdes akan diganti oleh perangkat desa,” katanya.

Ia menambahkan dengan diangkatnya sekdes oleh pemerintah sebagai pegawai negeri sipil (PNS) telah mengakibatkan tugas pelayanan pada masyarakat kurang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya