SOLOPOS.COM - Aparat TNI dan Polri saat mengevakuasi kakek yang terlantar di Alun-alun Bandungan, 28 April 2023. (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Nasib menyedihkan dialami seorang kakek asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), bernama Anom. Di usia yang menginjak 70 tahun, Anom hidup jauh dari keluarga hingga terlantar di kawasan Alun-alun Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kondisi Anom yang menyedihkan itu pun membuat aparat Polsek Bandungan tergerak. Polisi pun langsung mengevakuasi warga lanjut usia (lansia) itu yang ternyata warga Kabupaaten Magelang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, mengaku berdasarkan keterangan warga sekitar, kakek berusia 70 tahun itu sudah beberapa hari terakhir terlihat berkeliaran di Alun-Alun Bandungan. Kakek itu tampak seperti orang yang terlantar tanpa punya tujuan.

“Saat ini, warga lansia itu sudah diserahkan ke Dinas Sosial [Dinsos] Kabupaten Magelang,” ujar Kapolres Semarang, Kamis (4/5/2023).

Sementara Kapolsek Bandungan, Iptu Imam Ansyari Rambe, menjelaskan evakuasi terhadap warga lansia itu dilakukan setelah pihaknya mendapat informasi adanya kakek berusia 70 tahun yang terlantar di sekitar alun-alun.

“Pada tanggal 28 April 2023, kami mendapat informasi dari masyarakat adanya warga lansia terlantar di sekitaran Alun-alun Bandungan. Karena saat itu masih ada Pospam Operasi Ketupat Candi 2023, personel pospam bersama jajaran TNI melakukan evakuasi,” jelasnyaa.

Setelah dibawa ke Mapolsek Bandungan, Rambe, mengaku lanngsung berkoordinasi dengan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) guna melacak keberadaan keluarga kakek terlantar asal Magelang itu.

“Setelah kita menggali informasi dari warga Bandungan dan penjelasan dari yang bersangkutan, kami mengetahui bahwa kakek itu mempunyai keluarga di daerah Janggul. Tapi, setelah kami konfirmasi tidak ada yang mengenal kakek itu,” ujarnya.

Sambil menunggu informasi keberadaan keluarganya di Bandungan, Sementara waktu pak anom dirawat di Polsek Bandungan dan dipindahkan ke TKSK Bandungan bersama sukarelawan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Semarang untuk difasilitasi berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Magelang.

“Saat ini, Pak Anom sudah dibawa ke Dinsos Kabupaten Magelang sejak Rabu [3/5/2023] untuk mendapatkan perawatan. Semoga dia bisa kembali bertemu dengan keluarganya di Magelang,” harap Kapolsek Bandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya