SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB Jateng, Muhammad Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, TEMANGGUNG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) rupanya tetap bersikukuh untuk mengusung Ketua DPW PKB Jawa Tengah (Jateng), KH Muhammad Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf, sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024.

Meskipun diakui PKB tidak bisa mengusung sendiri calon dalam Pilkada Jateng karena perolehan kursi di DPRD tidak memenuhi ambang batas. Oleh karenanya, PKB pun membutuhkan koalisi dengan partai lain untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jateng.

Promosi Dukung Go Global, BRI Berangkatkan 8 UMKM ke FHA Food & Beverage 2024 Singapore

Gus Yusuf mengatakan komunikasi pun terus dilakukan dengan partai lain untuk berkoalisi. “Pada Muskerwil PKB Jateng mengamanatkan Ketua DPW Jateng untuk maju H 1 [calon gubernur Jateng], sampai saat ini belum ada untuk H 2 [calon wakil gubernur], jadi kami terus berjuang,” katanya usai menjadi pembicara pada Silaturahmi Wong mBako, bertajuk Selamatkan Tembakau Selamatkan Hidup Kita yang digelar Koalisi Tembakau, dilansir Antara, Minggu (12/5/2024).

Gus Yusuf mengakui PKB tidak bisa mengusung sendiri pada Pilgub Jateng 2024. Hal itu dikarenakan PKB hanya memperoleh 20 kursi di DPRD Jateng. Sedangkan, untuk dapat mengusung sendiri harus memiliki 25 kursi, sehingga harus dibangun kemitraan dengan partai politik lain.

Menurut dia, komunikasi politik dilakukan dengan semua partai politik. Beberapa waktu lalu misalnya pihaknya bertemu dengan Ketua DPD PDIP Jateng dan Ketua DPD Partai Gerindra.

Ia menyampaikan PKB Jateng dan partai-partai politik lain di Jateng sudah berproses melakukan komunikasi dan konsolidasi tetapi ujungnya adalah menunggu keputusan dari Ketua Umum DPP masing-masing parpol.

Menurut dia, PKB berani mencalonkan H 1 dengan bermodalkan sebagai pemenang kedua Pileg 2024 di Jawa Tengah. Partai Gerindra saja yang sebagai pemenang ke tiga berani untuk mengusung calon gubernur.

Terkait dengan pertembakauan, dia mengatakan komitmennya untuk terus mendukung perjuangan masyarakat pertembakauan sehingga regulasi berpihak, ada penguatan posisi petani masyarakat, dan adanya kampanye tembakau sehat secara masif.

Sebelumnya, Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman, mengaku partainya mulai mempertimbangkan kemungkinan mengusung Gus Yusuf sebagai calon wakil gubernur pada Pilgub Jateng 2024. Hal ini menyusul perolehan kursi di DPRD Jateng yang tidak memungkinkan bagi PKB mengusung calon sendiri.

“Serba mungkin [jadi calon wakil gubernur]. Apa pun serba memungkinkan di politik,” ujar Sukirman seusai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jateng, 28 Maret 2024 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya