SOLOPOS.COM - ilustrasi korban kecelakaan maut. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng mencatat ada sekitar 692 kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayahnya selama Operasi Patuh Candi 2023 berlangsung. Dari 692 kecelakaan lalu lintas itu, 30 orang di antaranya meninggaal dunia, 13 orang mengalami luka berat dan 849 orang mengalami luka ringan.

“Sedangkan kerugian materi secara total akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp2.214.300.000,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, di Semarang, Senin (24/7/2023).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kabid Humas Polda Jateng menambahkan jumlah kecelakaan lalu lintas di Jateng selama Operasi Patuh Candi 2023 ini mengalami peningkatan sekitar 3 persen dibandingkan tahun lalu.

“Pada tahun 2022, selama Operasi Patuh Candi terjadi 699 kecelakaan lalu lintas dengan 21 korban meninggal dunia, 15 luka berat, dan 812 luka ringan. Jadi pada tahun 2023 tercatat ada tren kenaikan [kecelakaan lalu lintas] tiga persen,” ujarnya.

Operasi Patuh Candi 2023 yang digelar di seluruh wilayah Jateng oleh jajaran aparat Polda dan Polres di Jateng ini berlangsung selama dua pekan, atau sejak 10-23 Juli 2023. Selain adanya kenaikan kejadian kecelakaan lalu lintas, Polda Jateng juga mencatat adanya tren kenaikan pelanggaran lalu lintas di wilayahnya.

Tercatat selama Operasi Patuh Candi, jajaran Polda Jateng menjaring 235.342 pelanggar, baik secara manual maupun kamera ETLE atau tilang elektronik.

Satake pun mengimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan etika berkendara dan disiplin berlalu lintas, meski Operasi Patuh Candi 2023 telah berakhir.

“Faktor terbesar penyebab kecelakaan lalu lintas adalah human errors, maka etika berlalu lintas yang baaik dan kewaspadaan warga saat berkendara, berdampak pada turunnya jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan,” tegas Kabid Humas Polda Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya