SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat rakor di Magelang, Senin (18/12/2023). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, MAGELANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) memprediksi jumlah masyarakat yang mudik ke wilayah Jateng selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Jumlah pemudik ke Jateng tahun ini diprediksi naik 124 persen, atau sekitar 13 juta orang.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, seusai memimpin Rapat Lintas Sektoral Persiapan Operasi Lilin Candi 2023/2024 di Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (18/12/2023) pagi. Rakor itu turut dihadiri Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, dan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, serta seluruh Kapolres, Dandim, dan Forkopimda

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Rakor Linsek tersebut dihadiri oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana serta seluruh Kapolres, Dandim dan Forkopimda Kabupaten / Kota seluruh Jawa Tengah.

“Hari ini kami laksanakan Rakor Linsek dalam rangka menyongsong Operasi Lilin Candi 2023 yang akan digelar selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” ujar Kapolda Jateng.

Polda Jateng akan menerjunkan 15.700 personel yang akan disebar di 279 titik pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu guna mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pengamanan akan berfokus pada kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun baru terutama kegiatan Misa atau ibadah yang dilaksanakan di 3.543 gereja di seluruh Jateng. “Termasuk juga objek wisata yang menjadi destinasi masyarakat selama libur Natal dan Tahun baru. Dalam pengamanan, Polri dibantu dengan TNI dan stakeholder yang lain,” lanjutnya.

Adapun sistem pengamanan ada yang bersifat patroli mobiling dan pengamanan stasioner di gereja maupun tempat wisata. Untuk mengantisipasi kemacetan, Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai di masing masing penggal jalan tol dan jalur pantura oleh masing masing Polres.

“Peningkatan arus diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 30 Desember 2023. Terkait one way, konsep sudah kita siapkan tapi menunggu petunjuk dari Mabes Polri untuk pelaksanaannya,” imbuhnya.

Kapolda juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan selama musim liburan Natal dan tahun baru. “Kalau perlu pakai masker dan biasakan hidup sehat,” tandasnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat baik BBM maupun sembako selama Nataru. “Kita sudah rapatkan dan hasilnya selama Natal, tahun baru, dan pemilu, stok kebutuhan masyarakat terpenuhi. Tinggal kita awasi pasokan dan distribusinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya