SOLOPOS.COM - Kepolisian Resor Besar Kota (Polrestabes) Semarang berhasil menggagalkan pengiriman ratusan ekor anjing di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Kota Semarang pada Sabtu (6/1/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Kepolisian Resor Besar Kota (Polrestabes) Semarang berhasil menggagalkan penyelundupan atau pengiriman ratusan ekor anjing yang diduga hendak dijagal untuk dikonsumsi. Diduga anjing-anjing tersebut akan dikirim ke wilayah Soloraya.

Polisi menggerebek pengiriman ratusan anjing dilakukan di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Kota Semarang pada Sabtu (6/1/2024) malam bersama komunitas hewan Animals Hope Shelter Indonesia. Total ada 226 anjing dalam keadaan terikat yang diangkut menggunakan truck bak terbuka.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, dari hasil pemeriksaan hewan mamalia ini akan dikirim ke wilayah Soloraya dari daerah Jawa Barat.

“Ratusan anjing ini hendak dikirim ke wilayah Solo Raya dari Jawa Barat tepatnya di Subang. Informasi itu sudah kita dapatkan satu bulan terakhir,” ujarnya kepada wartawan di Polrestabes Semarang, Minggu (7/1/2024).

Irwan menjelasan, saat ini ratusan ekor anjing tersebut masih dilakukan perawatan karena kondisinya yang sangat memprihatinkan. Mereka dalam kondisi lemas dan terluka karena pengiriman ini.

“Langkah awal kita merawat anjing ini memberi makan karena setelah perjalanan jauh dari Jawa Barat menggunakan bak terbuka dalam keadaan terikat, terluka dan ada bekas jeratan di leher,” tegasnya.

Polisi juga masih menyelidiki dan pemeriksaan mendalam terkait dugaan pelanggaran hukum ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan dan Pendiri Animals Hope Shelter Christian Joshua Pale mengapresiasi kesigapan aparat Polretabes Semarang. Ia berterimakasih karena polisi bergerak cepat.

“Terima kasih banyak saya apresiasi banget karena selama dua minggu mereka [polisi] selalu kontak saya dan bergerak cepat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya