SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi (JIBI/Bisnis/Dok.)

Polres Temanggung menggelar tes psikologi terhadap anggotanya terkait penggunaan senjata api.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG- Puluhan anggota Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, menjalani psikotes untuk mengetahui yang bersangkutan berhak menggunakan senjata api atau tidak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kasubbag Humas Polres Temanggung, AKP Henny Widiyanti di Temanggung, Kamis (3/12/2015), mengatakan kegiatan yang berlangsung di Graha Bhumi Phala ini diikuti sekitar 60 personel dengan bimbingan serta pengawasan dari tim Psikologi Polda Jawa Tengah.

Ia menuturkan peserta tes kejiwaan kali ini tidak hanya diikuti oleh anggota yang berpangkat bintara, beberapa di antaranya juga perwira.

“Tes seperti ini rutin digelar minimal satu tahun sekali. Selain tes, juga rutin dilakukan pemeriksaan senjata api,” katanya.

Ia mengatakan tes seperti ini penting dilakukan untuk mengetahui layak dan tidaknya anggota membawa senjata api selama menjalankan tugas.

Selain itu, katanya metode tes yang dijalankan juga digunakan sebagai barometer tingkat emosional petugas. Jika diketahui temperamen tinggi, maka hak pemegang senjata api bisa dianulir guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Ia mengatakan senjata api sejatinya digunakan oleh anggota yang memiliki risiko tinggi dalam melaksanakan tugas. Selain itu, penggunaanya bisa dilakukan jika anggota tengah dalam situasi genting, terpojok sehingga keselamatan jiwanya terancam.

Sebagai anggota yang bertugas di lapangan, katanya mereka memiliki risiko ancaman yang cukup tinggi. “Namun, sebaliknya si pemegang harus terlebih dahulu mengantongi lisensi agar dapat menggunakan secara tepat, bukan malah sebaliknya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya