SOLOPOS.COM - Mobil water cannon bersiaga di lokasi kebakaran PT Dua Kelinci, Kabupaten Pati, Selasa (23/11/2021). (Istimewa/Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, PATI — Kebakaran hebat yang melanda pabrik PT Dua Kelinci di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), hingga kini belum berhasil dipadamkan. Meski demikian, hingga pukul 15.30 WIB, kobaran api mulai padam atau tidak sehebat sebelumnya.

Kepala Bidang Humas (Kabidhumas) Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, mengatakan kebakaran di pabrik produk makanan terkemuka yang terletak di Jalan Pati-Kudus Km 6, Desa Bumirejo, Kecamatan Margoerjo, Kabupaten Pati, itu terjadi pada Selasa (23/11/2021), sekitar pukul 11.20 WIB.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Namun selang 2,5 jam, api sudah mampu dijinakan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu puluhan aparat kepolisian, Satpol PP, dan TNI. Sejumlah kendaraan milik Polri juga didatangkan ke lokasi untuk mempercepat pemadaman, termasuk dua unit kendaraan water cannon milik Polres Pati dan Polres Kudus.

Baca juga: Pabrik PT Dua Kelinci di Pati Kebakaran, Api Berasal dari Gudang Oven

“Puluhan personel Polri dibantu Satpol PP dan TNI juga diturunkan untuk membantu,” ujar Iqbal, dalam keterangan resmi.

Iqbal mengaku saat ini polisi belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran dahsyat yang melanda pabrik PT Dua Kelinci di Pati itu. Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikian di tempat kejadian perkara.

“Untuk penyebab masih dalam penyelidikan. Tim Inafis Polres Pati sudah berada di lokasi,” jelas Iqbal.

Meski belum diketahui, Iqbal menyatakan dugaan sementara api berasal dari dalam gedung atau ruangan pengovenan kacang garing. Kebakaran diketahui saat pos keamanan pabrik PT Dua Kelindi mendapat telepon terkait adanya api dan kebakaran di bagian tempat oven kacang garing.

Baca juga: Pabrik PT Dua Kelinci Pati Kebakaran

“Kemudian dilakukan pemadaman dengan satu unit kendaraan pemadam, namun api belum juga padam. Api malah semakin membesar dan merambat ke bagian lain gedung,” imbuhnya.

Kabidhumas menambahkan api mulai dapat dijinakkan selang waktu 2,5 jam dengan bantuan dari sembilan unit kendaraan pemadam kebakaran dan delapan unit kendaraan tangki air. ” Berdasarkan laporan, sejauh ini korban jiwa nihil dan kerugian materiel belum dapat ditaksir,” tambahnya.

Iqbal menambahkan hingga kini proses pemadaman di pabrik PT Dua Kelinci di Pati itu masih berlangsung. Area kantor, gudang penyimpanan plastik, dan ruang oven masih dilalap api. “Sejauh ini masih sekitar 20% yang belum padam. Kami harap masyarakat tenang dan tidak berkerumun di lokasi untuk mempercepat upaya pemadaman,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya