SOLOPOS.COM - Peresmian bantuan sumur bor di Desa Kenteng, Toroh, Grobogan pada Jumat (8/9/2023).

Solopos.com, GROBOGAN-Untuk membantu mengatasi krisis air bersih di wilayah yang kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau tiba, Polres Grobogan memberikan bantuan dengan membuat sumur bor dan memberikan pompa air di Desa Kenteng, Toroh, Grobogan pada Jumat (8/9/2023).

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan menyebut sebanyak 86 Desa dari 17 Kecamatan di Kabupaten Grobogan mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini.
Salah satu Desa yang dilanda kekeringan tersebut yakni Desa Kenteng Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan yang hadir langsung dalam peresmian dan penyerahan sumur bor tersebut menyampaikan pembangunan sumur bor itu merupakan implementasi perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam program Polri Peduli Lingkungan, Bantuan Sumur Bor dan Pompa Air.

Menurut Kapolres Grobogan masyarakat perlu segera mendapatkan akses air bersih, terlebih saat musim kemarau seperti saat ini.

“Kami berharap sumur bor ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga sekitar, sehingga ke depannya tersedia akses air bersih yang lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Kapolres Grobogan.

Pembuatan sumur bor tersebut dilakukan di sebuah tanah kas milik Desa yaitu tanah bengkok milik Sekretaris Desa yang terletak di Desa Kenteng, Toroh, Grobogan.

“Bantuan ini untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.  Diharapkan dengan tersedianya fasilitas air bersih ini akan membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyakarat sekitar secara ekonomi untuk aktivitas seperti bercocok tanam, beternak dan aktivitas lainnya,” harap AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Selain itu, menurut Kapolres Grobogan, pembuatan sumur bor ini merupakan bentuk kepedulian polisi terhadap lingkungan. Termasuk juga aksi tanggap akan segala bentuk situasi dan permasalahan di tengah masyarakat, khususnya yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Apa yang menjadi kesulitan masyarakat, keluh kesah masyarakat minimal kita bisa membantu mencarikan solusi dan jalan keluar atau problem solving,” jelas Kapolres Grobogan.

Program pembuatan sumur bor dari Polres Grobogan ini juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan Kepala Desa Kenteng, Toroh, Grobogan, Eko Budiyanto. Ia merasa terbantu dan senang melihat kepedulian yang ditunjukkan oleh pihak kepolisian.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolri dan seluruh anggota kepolisian khususnya Polres Grobogan yang telah berusaha membantu kami dengan membuat sumur bor ini secara gratis. Ini benar-benar sangat berguna bagi kami,” ujar Eko Budiyanto, Kepala Desa Kenteng, Toroh, Grobogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya