SOLOPOS.COM - Kapolres Salatiga, AKBP Feria Kurniawan. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGAPolres Salatiga menerjunkan sebanyak 210 anggota untuk ditugaskan di lingkup rukun warga (RW) di Kota Salatiga.

Polisi RW ini merupakan program dari Polri. Nantinya, polisi RW akan membantu tugas dari Bhabinkamtibmas dalam melayani dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kapolres Salatiga, AKBP Feria Kurniawan menyebut, tugas polisi RW mirip dengan Bhabinkamtibmas.

Namum polisi RW tidak melakukan sambang ke warga. Tugasnya hanya menampung aspirasi dan memecahkan masalah yang ada di tingkat RW.

“Mereka hanya menampung aspirasi. Terkait melakukan pemecahan masalah berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas setempat,” terang Kapolres kepada awak media, Selasa (9/5/2023).

Dikatakan program ini mengharuskan pemerintah yang dipimpin oleh wali kota bisa melaksanakan program tersebut secara 100 persen.

“Kami siapkan dan terjunkan 210 personel yang bertugas sebagai polisi RW di 210 RW yang ada. Jumlah anggota Polres Salatiga mencukupi untuk mengkover 210 RW ini sehingga langsung 100 persen,” jelas AKBP Feria.

Dijelaskan Kapolres, polisi RW ini sebagian besar anggota yang ditugaskan sesuai dengan tempat tinggalnya. Namun jika di daerah tersebut tidak ada Polisi, pihaknya akan menempatkan jajaran dari Polsek setempat.

Diharapkan program ini bisa semakin mempererat hubungan dengan wilayah terkecil, yaitu RT dan RW. Sehingga ketika terjadi permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat.

Selain itu juga sebagai bentuk kolaborasi menjaga dan mengayomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya