SOLOPOS.COM - Logo dan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat (Jabar). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa)

PON 2016 yang segera berlangsung diharapkan KONI Jateng bisa menjanjikan bonus lebih besar.

Semaeangpos.com, SEMARANG — KONI Provinsi Jawa Tengah berharap bonus unuk atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, 17-27 September 2016, bisa lebih besar dibandingkan PON XVIII/2012 Riau.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Ketua Umum KONI Jawa Tengah Hartono pada wartawan di Semarang, Kamis (4/8/2016), mengatakan, pengurus berharap nominal untuk bonus atlet lebih besar dibandingkan PON sebelumnya. Pada PON 2008 Kalimantan Timur dan PON 2012 Riau, peraih medali emas mendapat kucuran bonus Rp150 juta.

“Kami tak menampik bahwa bonus adalah salah satu pemompa semanga atau motivasi atle untuk meraih prestasi setinggi mungkin. Harapan kami, bonus PON kali ini naik dibandingkan PON sebelumnya,” katanya seusai menghadiri pembukaan kejurnas panjat tebing Jateng Open II. Rencananya, lanjut dia, sebelum atlet berangkat ke Jawa Barat untuk mengikuti pesta olahraga multievent empat tahunan mendatang sudah ada kejelasan soal bonus tersebut.

Ketika ditanya bahwa induk organisasi olahraga di Jawa Tengah ini sedang mengajukan anggaran Rp300 juta untuk peraih satu keping medali emas di PON mendatang, Hartono mengiayakan soal iu. Menurut dia, jumlah sebesar iu sangat wajar di tengah persaingan yang ketat pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Jawa Barat mendatang. Tetapi, lanjut dia, jumlah tersebut masih bisa berubah tergantung kebijakan Gubernur.

Ia menambahkan, saat ini dirinya terus mengintensifkan koordinasi dengan cabang-cabang olahraga mengenai kesiapan menuju PON di Jabar menginga pelaksanaannya tinggal beberapa waktu lagi. Bahkan, kata dia, KONI beserta Gubernur Ganjar Pranowo mengagendakan kunjungan ke venue-venue untuk membakar semangat para atlet yang sedang berlatih.

“Ada program peninjauan venue atlet. Tujuannya untuk melihat dari dekat kesiapan cabang olahraga dan tentu saja memompa semangat para alet,” katanya menegaskan.

Menyinggung soal estimasi medali yang yang bisa diraih Jawa Tengah saat tampil pada PON di Jabar mendatang, dia mengatakan, merujuk hasil yang dicapai Jateng saat babak kualifikasi yaiu merebu 75 medali emas dan 80 medali perak maka target KONI untuk meraih 60 keping medali emas bisa tercapai. “Target 60 medali emas saya kira merupakan yang realistis. Kami menginginkan kejutan-kejutan di PON Jabar, artinya peraih medali perak saat babak kualifikasi bisa meraih emas sedangkan peraih medali perunggu bisa menjadi ‘kuda hitam’,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya