SOLOPOS.COM - Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen. (kebudayaan.kemendikbud.go.id)

Solopos.com, KEBUMEN — Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah (Jateng) selama ini memang jauh dari julukan Kota Santri. Meski demikian, di Kebumen ternyata ada satu pondok pesantren atau ponpes yang konon tertua di Jateng, yakni Ponpes Al Kahfi Somalangu, yang usianya lebih dari 5 abad atau setengah milenium.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, ada sekitar 3.722 pondok pesantren yang berdiri di Jateng. Dari jumlah sebanyak itu sekitar 74 di antaranya berada di wilayah Kabupaten Kebumen.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Jumlah ponpes di Kebumen ini pun kalah jauh jika di bandingan dengan daerah lain seperti Kabupaten Magelang dengan 297 ponpes dan Cilacap dengan 201 ponpes.

Meski demikian, siapa sangka jika dari 74 pondok pesantren yang ada di Kebumen itu salah satunya menyandang predikat tertua di Jateng.

Dikutip dari laman Internet resmi Universitas Insan Cita Indonesia di uici.ac.id, Ponpes Al Khafi Somalangu di Kebumen merupakan salah satu ponpes tertua di Indonesia.

Pondok pesantren ini didirikan oleh Syekh As Sayid Abdul Kahfi Al Hasani dari Hadhramaut, Yaman, pada tahun 1475 atau pada masa Kerajaan Majapahit dipimpin Prabu Brawijaya.

Bukti pendirikan pondok pesantren yang disebut-sebut tertua di Jateng ini adalah Prasasti Batu Zamrud Siberia berbobot 9 kg yang ada di dalam masjid pondok tersebut.

Sementara itu, mengutip dari laman kebumenkab.go.id, Prasasti Batu Zamrud Siberia berwarna hijau itu bertuliskan huruf Jawa dan Arab. Pada prasasti itu tertulis huruf dan angka yang menandakan tanggal dan tahun didirikannya pondok pesantren tersebut yakni 25 Syaiban 879 Hijriah atau Rabu, 4 Januari 1475 Masehi.

Jika angka tersebut benar adanya, maka bisa dikatakan Ponpes Al Kahfi Somalangu saat ini telah berusia 548 tahun. Bahkan, ponpes yang terletak di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, ini didirikan lebih dulu di banding Kesultanan Demak, yang menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, pada tahun 1478.

Sebagai salah satu ponpes tertua di Jateng, Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen juga memiliki sederet peninggalan bersejarah. Bahkan, masjid yang ada di dalam ponpes itu saat ini telah masuk dalam daftar bangunan cagar budaya (BCB) Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya