SOLOPOS.COM - Asisten pelatih nomor lompat jangkit dan jauh, Nasikin (kanan), memantau latihan atlet-atletnya di Stadion Bahurekso, Kendal, Jateng, kemarin. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Kontingen Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 di Jateng dihadapi kontingen tuan rumah dengan mengandalkan nomor-nomor lomba pada cabang olahraga atletik.

Semarangpos.com, KENDAL — Asisten pelatih nomor lompat jangkit dan lompat jauh tim atletik Jateng dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Nasikin, terus memperbaiki beberapa teknik lompatan awal (bloking) dan mendarat (landing) di bak pasir atlet-atletnya. Latihan intensif digebernya mengingat cabang olahraga atletik menjadi andalan kontingen Jateng dalam Popnas XIV 2017 mendatang.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Perbaikan yang dilakukan Nasikin menjelang Popnas XIV 2017 itu diharapnya mampu memaksimalkan daya dorong kaki dan badan saat melompat. “Saya sengaja memberi latihan dua hal tersebut, karena atlet-atlet pelajar banyak yang terkadang tidak menyadari kekeliruannya. Oleh sebab itu, kalau teknik betul tentu lompatan dan pendaratan akan jauh lebih maksimal,” kata Nasikin di Stadion Bahurekso Kendal sebagaimana dikutip tim humas kontingen Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Selasa (15/8/2017).

Nasikin yang bekerja sama dengan pelatih lainnya, Zen Zukri, menambahkan bahwa para atlet pelajar yang terpilih sebagai anggota kontingen Jateng dalam Popnas XIV 2017 merupakan atlet-atlet terbaik yang sudah melalui berbagai kompetisi yang digelar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pasi) Jateng dan PB Pasi. “Tim pelatih tinggal memoles saja, serta memastikan mereka mampu bersaing dengan atlet-atlet lainnya. Tentu kami berharap dari atlet bisa memecahkan rekor lompatan terjauh dan tertinggi di Kejurnas Remaja dan Yunior di Rawamangun yang lalu,” tambah Nasikin.

Pada Popnas XIV 2017 di Jateng mendatang, kontingen atletik nomor lompat tuan rumah akan diwakili tiga atlet saja, yakni Eunike Jessica dari SMA 1 Banyumas, Muhamad Dion dari SMA 1 Grobogan, dan Hani Rofikoh dari SMA 1 Pengadon Kendal. Mereka secara intensif berlatih terpusat di GOR Bahurekso Kendal sejak awal Agustus 2017 ini.

Rencananya,  tim atletik Popnas Jateng akan tampil terlebih dulu dalam kejuaraan Jateng Open di Solo, Sabtu-Minggu (19-20/8/2017) mendatang. Dalam turnamen tersebut, kepala pelatih atletik Popnas Jateng Jojon Siswanto mengisyaratkan akan menjadikan turnamen tersebut sebagai turnamen pemanasan, sebelum berlaga di Popnas XIV 2017 Jateng, September mendatang.

“Kami sedang menimbang-nimbang kesiapan para atlet yang sedang dalam pemusatan latihan di Kendal. Tim pelatih sedang berhitung-hitung jika tampil di Jateng Open, maka masa pemulihan fisik juga harus optimal untuk persiapan Popnas,” pungkas Jojon.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya