SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPLP sepak bola jateng (Solopos.com)

Kejurnas PPLP Sepak Bola 2016 digelar di Maluku dengan salah satu peserta tim Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Bola Jawa Tengah (Jateng) tak membidik target tinggi saat tampil pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PPLP Sepak Bola 2016 di Maluku, Jumat-Selasa (4-8/11/2016). Kekuatan tim yang berisikan mayoritas pemain debutan menjadi alasan Jateng tak berani mencanangkan target tinggi itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Asisten Pelatih PPLP Sepak Bola Jateng, Andreas Tri Widagdo, menyebutkan Kejurnas PPLP Sepak Bola 2016 sebenarnya dijadwalkan digelar pada Mei lalu. Namun karena berbagai alasan jadwal kejuaraan yang mempertemukan para pesepak bola muda berbakat itu pun mundur.

“Kalau jadi digelar kemarin Mei kami berani pasang target tinggi. Minimal sampai ke final. Tapi, ternyata jadwalnya berubah dan mundur. Praktis, pemain-pemain yang sudah kami persiapkan sebelumnya kini sudah lulus dan hanya tinggal pemain-pemain baru. Alasan itulah yang membuat kami tak berani pasang target tinggi,” tutur Andreas saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (2/11/2016).

Pada ajang yang sama tahun lalu, Jateng meraih prestasi yang cukup mengembirakan. Tim yang saat itu turut diperkuat duo gelandang PS TNI U-21, Ferdyan Wahyu dan Roni Sugeng, itu menembus ke partai final sebelum akhirnya kalah dari tim PPLP Aceh.

Namun, skuat musim lalu kemungkinan besar tidak bisa lagi diturunkan pada ajang yang sama tahun ini. Hampir sebagian pemain, seperti Ferdyan Wahyu, Roni Sugeng, dan Arga Permana, sudah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA dan otomatis harus meninggalkan PPLP Sepak Bola Jateng.

“Saat ini sekitar 50% pemain lama di tim. Itu pun sedikit di antaranya yang ikut main tahun lalu, seperti Tegar Infanteri, Irsadi Subroto, dan Gusti Setiawan. Jadi banyak pemain yang belum berpengalaman tampil di kejuaraan tingkat nasional,” imbuh pria yang akrab disapa Comot itu.

Andreas menambahkan, untuk menghadapi Kejurnas PPLP Sepak Bola 2016 itu timnya akan mengusung kekuatan 20 pemain. Para pemain itu akan bertolak ke Maluku dengan menggunakan pesawat dari Semarang pada Kamis (3/11/2016) nanti.

Siapa saja lawan yang akan dihadapi tim PPLP Sepak Bola Jateng nanti, Andreas belum bisa memastikan. Hal ini karena hingga saat ini belum ada satu pun tim yang mengonfirmasi keikutsertaannya.

Meski demikian ada aturan yang menyatakan bahwa tim PPLP yang dibiaya dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) wajib ikut serta dalam kejuaraan itu. Selain tim PPLP Sepak Bola Jateng, tim yang wajib ikut, yakni tim PPLP dari Sumatera Utara (Sumut), Sumbar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

”Ketujuh tim PPLP itu yang wajib ikut di Kejurnas PPLP Sepak Bola ini. Sisanya tidak wajib. Kalau semuanya ikut ada 16 tim PPLP yang akan tampil,” terang Andreas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya