SOLOPOS.COM - Proses evakuasi prajurit korban penembakan KKB di Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. ANTARA/HO/Dokumen Pribadi.

Solopos.com, JAKARTA — Prajurit dari Satgas Yonif R 321/GT Pratu F yang gugur akibat serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga Papua asli kelahiran Magelang.

Jenazahnya langsung dievakuasi ke Timika setelah berhasil ditemukan tim gabungan TNI pada misi penyelamatan pilot pesawat Susi Air Philip Mark Mehrtens di Papua.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Rencanannya, jenazah prajurit itu bakal diterbangkan ke kampung halamannya di Magelang, Senin (24/4/2023).

Pratu F menjadi korban kelima prajurit TNI yang gugur oleh serangan Kelompok Separatis dan Terorits (KST) di Mugi-Mam, Nduga, Sabtu (15/4/2023).

“Jenazah Almarhum Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KST,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil lewat keterangan resmi dikutip Minggu (23/4/2023) via Bisnis.

Adapun, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono kembali menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas gugurnya salah satu prajuritnya dalam misi penyelamatan itu.

“Almarhum gugur sebagai Kusuma Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima semua amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya,” kata Sus Aidil.

Sebelumnya, sebanyak 4 prajurit TNI telah dinyatakan gugur lebih dahulu dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga Papua.

Empat prajurit TNI yang gugur itu yakni Pratu Miftahul Arifin, Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan dan Pratu Sukra.

KKB Kapendam XVII/Cendrawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman membenarkan hal itu dan mengungkapkan bahwa para prajurit ditemukan dalam kondisi gugur bersama dengan Pratu Miftahul Arifin.

“Puji syukur berkat dukungan, support dan doa dari semua pihak, bahwa Tim Gabungan TNI Polri berhasil menemukan 4 Prajurit TNI termasuk didalamnya Pratu Miftahul Arifin yang dalam proses pencarian dengan kondisi meninggal dunia,” ucap Herman dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Selepas insiden itu, Panglima TNI mengumumkan operasi siaga tempur di daerah-daerah di Papua yang dinilai rawan teror dan serangan KKB atau kelompok separatis teroris.

Laksamana Yudo menjelaskan siaga tempur perlu untuk memperkuat naluri bertempur para prajurit, apalagi jika mereka diserang oleh KKB.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jenazah Pratu F Korban Serangan KKB Langsung Diterbangkan ke Magelang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya