SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem berupa hujan lebat. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan melanda sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada akhir pekan kali ini, Jumat-Minggu (6-8/5/2022).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, menyebutkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat sirkulasi siklonik di sebelah barat Pulau Sumatra yang mengakibatkan adanya pola belokan dan perlambatan angin di wilayah Jateng. Selain itu anomali suhu muka laut di Samudra Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa juga berpotensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi itu juga turut berkontribusi pada pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di Jateng untuk periode 6-8 Mei 2022,” tulis Sutikno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/5/2022).

Berikut sebagian wilayah Jateng yang dilanda cuaca ekstrem:

Tanggal 06 Mei 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Temanggung, Kab.Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab. Tegal dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai Curah Hujan Tinggi saat Balik Lebaran

Tanggal 07 Mei 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo,Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Temanggung, Kab.Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab. Tegal dan sekitarnya.

Tanggal 08 Mei 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Jepara, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab./Kota Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab./Kota Tegal dan sekitarnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Lebaran 2022, BMKG: Hujan Lebat-Sedang

Sutikno menambahkan BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. “Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” tegasnya.

Ia juga mengajak masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci untuk mengakses sejumlah situs web resmi BMKG Jateng dan akun media sosial BMKG seperti @cuacajateng dan Info BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya