SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Dok. JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada akhir pekan nanti, atau dalam tiga hari ke depan, mulai Jumat-Minggu (8-10/4/2022). Selama tiga hari itu, BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan melanda sebagian besar wilayah Jateng.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, dalam keterangan tertulis menyebutkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, telah didentifikasi adanya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jateng. Selain itu terjadi anomali suhu muka laut di Samudra Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi pada pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” tulis Sutikno dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (7/4/2022) petang.

Baca juga: Besok, 4 Daerah di Jateng Ini Berstatus Siaga Cuaca Ekstrem

Berdasarkan kondisi itu, BMKG pun membuat prakiraan cuaca ekstrem dengan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagai wilayah Jateng pada akhir pekan ini, atau mulai tanggal 8-10 April 2022.

Berikut daerah di Jateng yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem mulai 8-10 April 2022:

Tanggal 8 April 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Surakarta, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab. Tegal dan sekitarnya.

Tanggal 9 April 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Surakarta, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Rembang, Pati, Kudus, Salatiga, Kab. Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab. Tegal dan sekitarnya.

Baca juga: Prakiraan BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Jateng Selama 3 Hari

Tanggal 10 April 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Surakarta, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Salatiga, Kab. Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kab. Tegal dan sekitarnya.

Sutikno menambahkan BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan. Cuaca ekstrem itu berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliun, terutama di sejumlah wilayah yang rawan bencana.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci bisa mengakses sejumlah situs web BMKG,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya