SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat melakukan penyerahan penyaluran bantuan pangan cadangan beras di Lapangan Klumpit, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga Senin (22/1/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Kota Salatiga Jawa Tengah (Jateng) untuk menyerahkan bantuan pangan cadangan beras kepada 1.062 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Lapangan Klumpit, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (22/1/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bantuan ini diberikan mulai September 2023 sampai Maret 2024.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Program ini baru kali pertama diberikan secara langsung oleh Presiden Jokowi. Penerima manfaat bantuan ini secara bertahap juga terus dilakukan.

“Ini ada (penambahan) yang baru. Karena ada pengajuan yang baru. Ini sudah dimulai sejak September, Oktober, November, Desember (sebanyak) 10 kilogram,” kata Presiden.

Diakuinya, rencananya program bantuan ini juga akan kembali dilanjutkan setelah Juni 2024. Melihat kondisi APBN, jika masih stabil akan terus dilakukan. Saat ini stok beras di Bulog masih mencukupi.

“Stok Bulog sekarang ini, alhamdulillah masih ada 1,4 juta ton. Patut kita syukuri,” terang Jokowi.

Presiden mengaku setiap berkunjung di Kota dan Kabupaten selalu mengecek stok beras di Bulog. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan beras masih terjaga.

Sementara salah seorang penerima bantuan, Mahmudi, mengaku senang bisa mendapatkan bantuan pangan dari pemerintah. Bantuan ini sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari.

“Paling tidak satu bulan ini bisa tercukupi dengan bantuan ini. Karena ini beras mahal, ekonomi susah. Bantuan ini sangat membantu warga yang ekonominya rendah,” kata Mahmudi.

Bantuan kali ini, kata Mahmudi, berisi beras 10 kilogram, gula pasir, teh, roti, dan minyak. Harapannya bantuan seperti ini dilakukan terus, sebab harga kebutuhan saat ini yang semakin mahal.

Pada kegiatan itu Presiden Jokowi juga mengenalkan kepada warga Salatiga, Menteri yang ikut mendampingi.

Di antaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PU-PR Basuki Hadimoeljono, Ibu Negara Iriana Jokowi, serta jajaran pimpinan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya