SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dengan sejumlah pejabat menunaikan salat iduladha di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Senin (17/6/2024) (Solopos.com/Fitroh Nurikhsan)

Solopos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan ibadah Salat Iduladha di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Orang nomor satu di Republik Indonesia (RI) tersebut tiba di lokasi sekitar pukul 06.07 WIB. Sejumlah pejabat seperti Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana; Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, dan lain-lain turut mendampingi Jokowi.

Promosi Rilis The Global 2000, Forbes Nobatkan BRI Sebagai Perusahaan Terbesar di RI

Pantuan Solopos.com, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih yang dibalut dengan jas hitam dan sarung berwarna cokelat. Kehadiran Jokowi langsung menyita perhatian masyarakat.

Para jemaah yang semula duduk bersila sontak langsung berdiri ketika Presiden Jokowi di lokasi. Tak sedikit pula dari mereka yang mengeluarkan handphone untuk mengabadikan momen tersebut.

Presiden Jokowi menjalankan Salat Iduladha di shaf atau barisan pertama. Dia diapit oleh Pj Gubernur Jateng Nana Sudhana di sebelah kiri. Sedangkan di sisi kanannya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, yang bertindak sebagai imam Salat Iduladha yakni Pengasuh Pondok Nurul Quran Semarang KH. Zaenuri Ahmad Al-Hafid dan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari bertindak sebagai khatib.

Dalam khutbahnya, Hasyim Asy’ari menyampaikan perjalanan sejarah berkurban dalam agama Islam. Khatib kelahiran Semarang itu menyebut berkurban saat Iduladha dapat menghilangkan sifat-sifat kebinatangan dalam diri manusia.

“Sifat-sifat kebinatangan seperti sombong, angkuh, merasa paling benar dan lain-lainya merupakan sifat tercela dan harus dikurbankan,” ungkapnya.

Hasyim Asy’ari juga menerangkan bahwa berkurban memiliki dimensi sosial. Berkurban menurutnya merupakan media untuk berbagi dengan orang lain.

“Agama Islam selalu mengajari manusia mensyukuri nikmat. Kalau idulfitri berbagi dengan berzakat, sedangkan iduladha berbagi dengan berkurban,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya