SOLOPOS.COM - Ilustrasi trofi Adipura Kencana. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Iqbal)

Prestasi Kudus sebagai kota berkelanjutan membuahkan penghargaan Adipura Kencana.

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) meraih penghargaan Adipura Kencana yang merupakan penghargaan adipura tertinggi untuk kabupaten dan kota yang memenuhi syarat sebagai kota berkelanjutan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus Sumiyatun menjelaskan Kudus adalah satu-satunya penerima penghargaan Adipura Kencana di Jateng pada tahun ini. “Masyarakat Kudus diharapkan turut membantu pemerintah untuk mempertahankan penghargaan tersebut,” pintanya di Kudus, Rabu (2/8/2017).

Ia mencatat, Kabupaten Kudus sudah berulang kali mendapatkan penghargaan adipura. Pada tahun 2016, lanjut dia, Kudus juga mendapatkan penghargaan Adipura Kirana yang fokus penilaiannya pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Sebelum ada perubahan kategori, Kabupaten Kudus tercatat sudah lima kali meraih penghargaan serupa sejak tahun 2009.  Penyerahan penghargaan adipura berlangsung di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jakarta, Rabu (3/8).

Penghargaan dari Presiden Jokowi tersebut, diterima langsung oleh Bupati Kudus Musthofa. Kabupaten yang mendapatkan Adipura Kencana diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran dan ruang terbuka hijau (RTH), melainkan juga berinovasi di bidang pengelolaan sampah dan RTH.

Selain itu, diharapakan juga mampu membuat sistem pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam. Untuk mendapatkan penghargaan adipura kencana tersebut, kabupaten atau kota harus meraih anugerah adipura sebelumnya minimal tiga kali berturut-turut.

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa mengaku, bangga dengan penghargaan tersebut. “Dengan penghargaan tersebut, kami berharap semua pihak turut serta menjaga lingkungan dengan segala aspeknya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya