SOLOPOS.COM - Calon pembeli melihat koleksi batik di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. (Andhika Wahyu)

Solopos.com, PEKALONGAN — Sejumlah pedagang batik di Pasar Grosir Batik Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), mengeluhkan hingga H-3 Lebaran 2023 atau Rabu (19/4/2023), masih sepi pembeli. Omzet pedagang di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan pun hingga kini masih stagnan di angka Rp2 juta hingga Rp3 juta per hari.

Sepinya para pembeli khususnya pemudik dari Jakarta maupun kota lainnya ini, kata dia, pemudik lebih memilih mudik Lebaran 2023 langsung ke kampung halamannya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ya, saat ini memang masih sepi, semoga besok [20/4/2023] dan satu hari sebelum Lebaran 2023 ada peningkatan pemudik yang akan membeli batik,” kata pedagang batik, Robi, dilansir dari laman berita Antara, Rabu.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Grosir Batik Pekalongan Rozakon mengatakan saat ini aktivitas para pedagang batik hanya bisa bertahan untuk menunggu pemudik yang akan membeli batik sebagai oleh-oleh untuk keluarganya di kampung halaman.

Sepinya para pembeli batik yang mampir ke Pasar Grosir Batik Setono pada Lebaran 2023 masih seperti Lebaran tahun sebelumnya.

“Hanya saja, kemungkinan ramainya para pembeli batik bisa terjadi H-2 atau H-1 Lebaran, dan pada saat arus balik Lebaran karena mereka akan mampir ke pasar grosir ini untuk membeli batik sebagai oleh-oleh,” katanya.

Rozakon mengatakan bahwa omzet penjualan batik bisa mencapai Rp25 juta per hari pada saat arus balik Lebaran, namun saat ini hanya sekitar Rp3 juta per hari.

“Kami berharap ada kenaikan omzet saat arus balik Lebaran nanti. Selain itu, kami berharap Polri dan pemerintah tidak menutup jalur tol menuju pintu keluar tol Setono saat diberlakukan one way. Silakan one way diberlakukan namun jalur pintu keluar tol Setono dibuka untuk pemudik kendaraan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya