SOLOPOS.COM - Narasumber saat memaparkan materi dalam seminar nasional sastra Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Salatiga, Rabu (27/9/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga menggelar seminar sastra nasional di kampus setempat pada Rabu (27/9/2023). Acara bertema Menjelajahi Kearifan Sastra Arab melalui Lensa Syiir ini diikuti 146 mahasiswa, baik dari UIN Salatiga maupun dari luar.

Ketua HMPS, Itsna Bidatin Bya, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mendalami keindahan sastra Arabiyah, khususnya dalam bentuk syair. Tujuan lainnya ingin membangkitkan minat dan apresiasi terhadap karya sastra tersebut.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Menurutnya sastra adalah cerminan kehidupan manusia, budaya, dan peradaban manusia. Sastra Arabiyah sebagai salah satu warisan sastra yang kaya dan menarik telah menjadi bagian integral dari sejarah sastra dunia.

“Puisi atau syiir dalam bahasa Arab menjadi sorotan utama dalam seminar ini karena mencerminkan pemikiran, perasaan, dan kebijaksanaan orang-orang Arab yang menyampaikan pandangan mereka tentang cinta, agama, alam, dan manusia. Kritik sastra juga diakui sebagai landasan penting dalam mengembangkan pemahaman lebih dalam terhadap karya sastra,” kata Itsna kepada Solopos.com, Rabu (27/9/2023).

Dikatakan, seminar sastra nasional ini merupakan upaya penting dalam mempromosikan pemahaman mendalam tentang sastra Arabiyah dan memberikan inspirasi kepada generasi penerus untuk menciptakan sastra baru yang relevan dengan zaman.

“Kami bersyukur acara ini juga mendapat sambutan hangat dari kalangan mahasiswa dan pencinta sastra Arab. Hal itu menunjukkan bahwa minat terhadap kekayaan sastra ini masih hidup dan berkembang di UIN Salatiga,” katanya.

Kaprodi BSA, Sri Guno Najib Chaqoqo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa syair Arab memegang peran penting dalam perumusan ilmu gramatika bahasa Arab.

Dikatakan, seminar ini memiliki peran penting dalam membimbing mahasiswa, terutama mahasiswa baru dan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab. Diharapkan mahasiswa bisa lebih memahami dan mengkritisi bahasa Arab serta karya-karya sastra klasik.

“Seminar Sastra Nasional ini juga diharapkan akan menjadi fondasi awal bagi mereka dalam mengenal dan menganalisis secara kritis karya sastra Arab, terutama syair yang akan menjadi fokus studi mereka di jurusan sastra Arab,” jelas Najib.

Acara yang berlangsung mulai pukul 07.30 WIB hingga 14.00 WIB ini menampilkan dua pemateri utama. Masing-masing Dr. KH. Halimi Zuhri dari UIN Malang, memberikan wawasan dan pengetahuan tentang sastra Arab.

Pemateri selanjutnya Ning Najhaty Sharma, seorang penulis novel yang dikenal karena karyanya Dua Barista. Ia akan membahas karya-karyanya dan pengalaman dalam dunia sastra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya