SOLOPOS.COM - Ilustrasi ukiran Jepara. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, JEPARA — Industri furnitur atau mebel asal Kabupaten Jepara diklaim mampu memberikan kontribusi atau menyumbang 45 persen dari total ekspor furnitur di Jawa Tengah (Jateng). Hal itu disampaikan Ketua Steering Commitee Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIFBW), Jamhari, di Jepara, Rabu (22/2/2023).

Jamhari mengatakan JIFBW 2023 digelar bukan karena industri furnitur asal Jepara tengah mengalami penurunan. Namun, pameran itu digelar karena industri mebel asal Jepara tengah mengalami kenaikan sehingga membuat pelaku usaha sangat antusias.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Apalagi kan, pembeli akan yakin kalau melihat langsung kualitas barangnya. Dan itu hanya bisa didapatkan kalau datang ke pameran, memegang langsung barang itu. Apalagi ini furnitur,” kata Jamhari.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, senada jika kenaikan indikasinya nilai ekspor furnitur dan kayu olahan di Jepara terus meningkat. Bahkan, peningkatan tersebut diklaim belum termasuk perdagangan dalam negeri.

“Jadi JIFWB kami gelar untuk penguatan branding Jepara Kota Ukir, tak hanya di Indonesia, tapi di seluruh penjuru dunia.” tegas Edy.

Sehingga, lanjut Edy, kekuatan Jepara sebagai kota ukir yang dibangun sejak lama harus dioptimalkan untuk terus mengangkat perekonomian Jepara. Terlebih, sejak zaman dahulu, Jepara sudah dikenal sebagai kota penghasil kerajinan ukir untuk furnitur atau mebel.

“Kita akan terus kuatkan. Bahkan ekspor furnitur dan kayu olahan kita sepanjang tahun 2021 mencapai 183 juta US Dolar. Tapi tahun 2022 baru sampai September saja sudah mencapai US$192,9 juta,” ujarnya.

Sedangkan di pasar lokal, produk furnitur asal Jepara, lanjut Edy, menjadi idaman dan pilihan masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya daerah yang dengan bangga memasang produk ukir asal Jepara sebagai ornamen kantor.

Sekadar informasi, pameran inteenasional furnitur atau Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIFBW) akan digelar di Jepara pada 5-9 Maret. Pameran ini kemungkinan akan dihadiri para calon pembeli dari berbagai negara yang bisa langsung melihat produk furnitur buatan Jepara yang tengah tren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya