SOLOPOS.COM - Pameran kerajinan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pameran Kerajinan (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)-02

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah, Siti Atikoh Supriyanti mengatakan promosi menjadi bagian penting dari penjualan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Terkait dengan promosi bisa melalui pameran nasional maupun internasional, jadi jangan hanya mengikuti pameran di dalam negeri saja,” ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (14/112014).

Menurutnya, dengan rajin mengikuti pameran hingga ke luar negeri maka para pelaku usaha lokal bisa menyentuh pasar asing melalui pertemuan dengan pembeli maupun distributor.

“Ketika mereka bertemu dengan pembeli maupun distributor bisa berpotensi mendapatkan pesanan dari para pembeli tersebut, ini yang akan menumbuhkan produksi dalam negeri,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya berharap agar pemasaran tetap dimulai dari dalam negeri. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat memiliki kebanggaan untuk mengenakan produk dalam negeri.

“Jangan lupa bahwa pasar Indonesia sangat luas, jumlah masyarakat kita mencapai ratusan juta orang. Jangan sampai pelaku usaha hanya konsentrasi ke pasar asing sehingga pasar domestik dikuasai oleh pengusaha asing,” jelasnya.

Menurutnya, akan menjadi sia-sia jika Indonesia hanya menjadi tempat pasar antara penjual asing dengan pembeli lokal, dengan demikian produk lokal akan ditinggalkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Sekjen Dekranas Ikhwan Asrin mengatakan salah satu bentuk promosi yang efektif dilakukan saat ini yaitu melalui sistem digital.

“Jangan hanya menggunakan promosi secara konvensional karena sekarang ini kan eranya digital sehingga harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat salah satunya pelaku usaha,” jelasnya.

Dengan digandrunginya media sosial saat ini maka langkah promosi melalui teknologi tersebut dirasa efektif. Selain membantu pengrajin memperoleh pasar yang lebih luas, promosi tersebut juga efektif dan murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya