SOLOPOS.COM - Ilustrasi membatik (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi membuat batik tulis (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Membatik (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Produk lokal batik khas Magelang karya siswa SMA 2 Kota Magelang sukses menembus pasar di luar Jogja. 

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Batik khas Kota Magelang, Jawa Tengah, yang menjadi produk kegiatan ekstrakurikuler para siswa SMA Negeri 2 Kota Magelang diserap pasar hingga Palembang, Sumatera Selatan.

“Belum lama ini kami malah mendapat pesanan dari Palembang, sekitar 100 lembar produk batik khas Magelang, hasil karya siswa yang mengikuti ekstrakurikuler membatik,” kata guru pembimbing eksrakurikuler membatik SMA Negeri 2 Kota Magelang Djarobi Rusli di Magelang seperti dikutip Antara, Kamis (19/3/2015).

Ia mengatakan produk batik khas Magelang karya para siswa sekolah tersebut, sering kali diikutkan dalam berbagai kegiatan pameran sehingga semakin dikenal masyarakat.

Belum lama ini, produk batik para siswa sekolah itu juga dipamerkan dalam rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Magelang 2015 di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Berbagai motif batik khas Magelang produk mereka, antara lain bernama “Water Torn”, “Diponegoro”, daun, dan bunga-bunga.

Kegiatan ektrakurikuler membatik diselenggarakan sekolah tersebut sejak nisbi lama, namun sejak batik khas Magelang populer dan diminati masyarakat mulai sekitar 2009, jumlah peserta kegiatan tersebut semakin banyak.

Ia mengatakan saat ini sekitar 60 siswa sekolah tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler membatik dengan jadwal sepekan sekali.

“Ekskul batik sebenarnya sudah lama di sekolah ini, namun baru mulai gereget sekitar tahun 2009 saat batik corak khas Magelang mulai diminati masyarakat,” ucap Djarobi yang juga guru kesenian di sekolah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya