SOLOPOS.COM - Kemenperin Dorong Industri Tekstil dan Alas Kaki Lewat Gelar Sepatu Kulit dan Fesyen 2014

Pengunjung mengamati produk olahan dari kulit sapi yang dipajang pada pameran Gelar Sepatu, Kulit dan Fesyen 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/5/2014). Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan industri tekstil dan alas kaki nasional sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar dalam negeri maupun internasional. Berdasarkan data Kemenperin, nilai ekspor produk tekstil pada 2013 mencapai US$12,68 miliar. Sedangkan, produk alas kaki mencapai US$3,86 miliar. (Rachman/JIBI/Bisnis)

Kemenperin Dorong Industri Tekstil dan Alas Kaki Lewat Gelar Sepatu Kulit dan Fesyen 2014

Produk lokal Jateng terus di promosikan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah memperluas pasar Produk ke Eropa, Asia dan ASEAN

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah memperluas pasar produk provinsi itu di tiga kawasan, yaitu Eropa, Asia dan negara-negara di ASEAN.

“Kami berupaya untuk mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperluas pasar mereka, terutama untuk ekspor,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Jawa Tengah Ratih Susyati Sudamar di Semarang seperti dikutip Antara, Rabu (25/3/2015).

Menurut dia, Eropa, Asia, dan ASEAN merupakan pasar potensial mengingat sudah banyak produk dari Indonesia yang masuk ke negara-negara di tiga kawasan tersebut.

Pihaknya berharap, pelaku UMKM tidak hanya berkonsentrasi mengembangkan pasar dalam negeri, tetapi juga luar negeri karena ternyata banyak produk lokal Jateng yang memperoleh perhatian dari konsumen asing, salah satunya dari hasil pameran produk Jateng di Afrika Selatan yang ternyata memperoleh hasil maksimal.

Dia mengatakan dalam pameran yang dilakukan pada tahun lalu tersebut, Disperindag Jateng membawa sejumlah produk khas lokal, di antaranya kerajinan tangan kaligrafi dan produk mebel.

“Tanggapan pasar di sana sangat baik dan itu membuat kami optimistis bahwa produk lokal Jateng memang sesuai dengan selera pasar global,” katanya.

Pihaknya merencanakan ke depan pameran serupa akan kembali dilaksanakan.

Ia mengatakan pameran merupakan sarana promosi sekaligus tempat bertemunya para perajin dan konsumen.

Beberapa produk yang akan dipamerkan, di antaranya tekstil dan produk tekstil, kerajinan tangan dari kayu, serta beberapa produk unggulan lainnya yang potensial untuk dipasarkan ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya