SOLOPOS.COM - Membatik di Kampung Batik Laweyan Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Mempelajari proses pembuatan batik

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, gencar mempromosikan pemakaian produksi batik khas para perajin setempat melalui kalangan para pegawai instansi vertikal di daerah itu.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Itu salah satu cara untuk mengangkat potensi usaha batik yang kini mulai menjamur di Kota Magelang,” kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, saat membuka Pekan Raya Magelang 2014 di Magelang, Rabu (3/9/2014).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengirim surat edaran kepada berbagai instansi vertikal, BUMN, dan perusahaan swasta, agar pimpinan mereka di daerah setempat mengeluarkan kebijakan pemakaian batik khas Kota Magelang untuk para pegawai masing-masing.

Beberapa waktu lalu, pemkot juga mengeluarkan kebijakan untuk pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Magelang agar menggunakan seragam kantor bermotif batik Kota Magelang, setiap Kamis dan Jumat.

“Dalam waktu dekat akan kita sebarkan surat edaran yang isinya mengimbau instansi vertikal, BUMN, dan perusahaan swasta menggunakan batik khas Magelang sebagai salah satu pakaian kerja mereka,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menyebut potensi pengembangan usaha batik khas Kota Magelang sebagai luar biasa dengan permintaan pasar yang terus meningkat.

“Tidak sedikit perajin batik yang merasa kewalahan karena banyaknya pesanan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Sigit juga meminta para perajin batik untuk terus meningkatkan kualitas produknya.

Selain itu, katanya, mereka harus terus menerus mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan sumber daya manusia supaya dapat mengembangkan kreasi dan berinovasi terhadap usaha kerajinan batiknya.

“Yang penting jangan cepat berpuas diri, harus terus mengembangkan inovasi. Kita belum ada apa-apanya dibanding dengan daerah lain yang lebih dulu mengembangkan usaha ini,” katanya.

Ketua Panitia PRM Joko Soeparno mengatakan kegiatan yang berlangsung di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang pada 3-7 September 2014 itu, sebagai agenda tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya