SOLOPOS.COM - Pameran Crafina di JCC Jakarta, Rabu (26/11/2014). (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Pengunjung mengamati sejumlah produk kerajinan dalam pameran Crafina di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (26/11/2014). Pameran tersebut menampikan berbagai macam produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Pemeran tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (30/11/2014). (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi. (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Kanalsemarang.com, CILACAP – Kegiatan Pertamina Expo merupakan momentum untuk memperkenalkan produk-produk lokal Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Sekretaris Daerah Cilacap Sutardjo.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Harapan Pak Bupati, produk yang tahun kemarin dipamerkan, pada pameran kali ini ada peningkatan baik kualitas maupun kuantitas,” katanya seperti dikutip Antara, Sabtu (31/11/2014).

Sutardjo mengatakan hal itu kepada wartawan usai membuka Pertamina Expo yang diselenggarakan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap selama sembilan hari, 29 November-7 Desember 2014, di Gedung Patra Graha, Cilacap, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-57 Pertamina.

Selain itu, kata dia, peran “Pertamina Expo” diharapkan tidak hanya untuk masyarakat Kabupaten Cilacap tetapi meluas wilayah lain di eks-Keresidenan Banyumas.

Dia mengharapkan kegiatan pameran tersebut juga sebagai salah satu persiapan menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Kalau tidak ada forum-forum seperti ini, mungkin kita terjajah terus. Artinya, mungkin barang-barang mereka (produk luar negeri, red.) datang ke sini sehingga kita malah lebih tertarik terhadap barang mereka karena kita tidak mengenal barang kita sendiri,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan para perajin maupun pengusaha lokal dapat meningkatkan daya saing sehingga produk mereka dapat menandingi produk luar negeri yang masuk Indonesia khususnya Kabupaten Cilacap.

Sementara itu, pejabat sementara General Manager Pertamina RU IV Jadi Purwoko mengharapkan Pertamina melalui kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat Cilacap terutama untuk memamerkan produk-produk yang mereka hasilkan.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat Cilacap lainnya maupun dari luar daerah dapat mengenal produk-produk lokal Cilacap.

“Harapannya ke depan ada sinergi, Pertamina di sini bisa eksis, tidak hanya untuk memajukan perusahaan, tetapi juga untuk memajukan masyarakat di Cilacap. Ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Pertamina kepada masyarakat sekitar,” kata dia yang juga Senior Manager Operation Manufacturing Pertamina RU IV Cilacap.

Kegiatan “Pertamina Expo” merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT Pertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya