SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Produksi ikan Kudus selama 2014 mencapai 3.309 ton.  Capaian itu melampaui target sebanyak 3.210 ton 

 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kanalsemarang.com, KUDUS—Tingkat produksi ikan air tawar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama 2014 mencapai 3.309,2 ton atau melampaui target produksi sebanyak 3.210 ton ikan.

“Produksi tertinggi terjadi pada bulan Desember 2014 yang mencapai 767.975 kg ikan, sedangkan pencapaian paling rendah pada bulan Juli 2014 hanya 164.349 kg ikan,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus Fajar Nugroho seperti dikutip Antara, Kamis (26/2/2015).

Ikan yang dihasilkan oleh petambak ikan, kata Fajar Nugroho, meliputi ikan mas, nila, gurami, lele, dan bandeng.

Jumlah ikan yang didatangkan dari luar daerah, lanjut dia, selama setahun mencapai 7.200 ton ikan sehingga total ikan yang dikonsumsi mencapai 10.510 ton ikan.

Ia menyebutkan luas areal tambak ikan di Kabupaten Kudus hingga akhir 2014 seluas 47 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan di Kudus dengan jumlah petambak mencapai 70-an orang.

Luas areal tambak tersebut, kata Fajar, masih bisa bertambah karena tahun ini Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus juga menganggarkan untuk pembuatan tambak untuk budi daya ikan air tawar di dua desa sebesar Rp800 juta.

Menurut dia, makin banyak petambak yang melakukan aneka budi daya ikan air tawar, aktivitas pelaku usaha yang melakukan pengolahan ikan juga akan makin meningkat.

Pasalnya, lanjut Fajar, mereka tidak lagi kesulitan mendapatkan pasokan bahan baku karena petambak lokal juga sudah bisa menyuplai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya