SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Produksi ikan gurami di Banyumas bakal terus ditingkatkan. Pemkab setempat menargetkan produksi gurami mencapai 4.000 ton pada 2015

 

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Kanalsemarang.com, PUROWOKERTO—Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakkan) Banyumas, Jawa Tengah, menargetkan produksi ikan gurami di kabupaten itu pada 2015 mencapai 4.000 ton.

“Target ini khusus untuk gurami yang dikembangkan di kawasan minapolitan,” kata Kepala Dinnakkan Banyumas Sugiyatno di Purwokerto seperti dikutip Antara, Rabu (25/2/2015).

Dalam hal ini, kata dia, kawasan minapolitan Kabupaten Banyumas tersebar di 10 kecamatan Kedungbanteng, Kembaran, Kemrajen, Baturraden, Sumbang, Ajibarang, Cilongok, Sokaraja, Karanglewas, dan Sumpiuh atau yang dikenal dengan sebutan Kebang Cirawas.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa dalam rangka untuk mencapai target tersebut, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas.

“Kami terus menambah luas kolam dan sarana-prasarana yang lain untuk menunjang kolam itu di antaranya saluran air dan sarana menuju kolam. Kalau kolam diperluas, kita upayakan isi kolamnya diperbanyak sehingga dapat meningkatkan produksi,” katanya.

Selain minapolitan dengan produk unggulan gurami, kata dia, pihaknya pada tahun 2015 juga mengembangkan budi daya ikan nila dan lele.

Bahkan, lanjut dia, permintaan dari masyarakat terhadap ikan nila dan lele cukup bagus.

“Oleh karena itu, kami akan bekerja sama dengan swasta dan petani, seperti intiplasma, untuk mengembangkan budi daya ikan nila. Kami harapkan pertengahan tahun ini, produksi nila cukup tajam,” katanya.

Menurut dia, budi daya nila akan dikembangkan di Kecamatan Sumpiuh, Kemranjen, Banyumas, dan Somagede sedangkan benihnya berasal dari Balai Benih Ikan.

Sementara untuk budi daya lele, kata dia, akan dikembangkan di Kecamatan Cilongok dan Ajibarang.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini, permintaan benih lele dari luar Kabupaten Banyumas cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya