SOLOPOS.COM - Prof Suharnomo (paling kiri), yang terpilih sebagai rektor baru Undip periode 2024-2029 saat acara Debat Calon Rektor Undip 2024-2029 di Gedung Prof Soedarto, Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang. (Solopos.com-Humas Undip)

Solopos.com, SEMARANG — Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Diponegoro (Undip) menetapkan Prof. Suharmono dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis sebagai Rektor Undip yang baru. Prof Suharnomo ditetapkan sebagai Rektor Undip periode 2024-2029, menggantikan Prof Yos Johan Utama, yang telah habis masa jabatannya.

Ketua MWA, Prof Mohamad Nasir, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (21/6/2023), menyebutkaan proses Pemilihan Rektor Undip tahun 2024-2029 dimulai sejak bulan Januari 2021. Proses pemilihan itu diawali dengan tahap pennjaringan, di mana ada empat bakal calon rektor yang mendaftar.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Keempat bakal calon rektor yang mendaftar itu yakni Prof Ir Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph. D. dari Fakultas Teknis, Prof Suharnomo, Prof dr Muhamad Thohar Arifin, Ph.D., P.A., Sp.BS. (K) dari Fakultas Kedokteran dan Prof Budi Setiyono dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Proses pemilihan rektor dilanjutkan tahap penyaringan yang dilaksanakan pada Juni 2023, tepatnya tanggal 8 Juni 2023. Pada tahap ini dilakukan pemaparan program kerja bakal calon rektor. Berdasarkan usulan daftar hasil penilaian oleh panelis yang disampaikan kepada panitia diperoleh tiga calon rektor dengan urutan tertinggi Prof Dr Suharnomo, Prof Ir Mochamad Agung Wibowo, dan Prof Muhamad Thohar Arifin,” terang Mohamad Nasir.

Seusai tahap penyaringan itu, panitia menggelar acara debat calon rektor Undip 2024-2029. Debat digelar secara terbuka sehingga bisa diikuti civitas academica Undip melalui streaming Youtube maupun secara langsung di Gedung Prof Soedarto.

Dalam debat itu, Prof Suharnomo menuturkan pencapaian Indikator Kerja Utama 1 Undip yang sangat membanggakan adalah tracer study dan alumni banyak bekerja di perusahaan multinasional. Sementara Prof Agung menyampaikan misi “Go Global, Good Governance”. Go Global adalah prestasi Undip di level internasional, sedangkan Good Governance adalah tata kelola transparan dan akuntabel. Selain itu juga dalam pengelolaan kampus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Serta menciptakan zona reformasi birokrasi bebas korupsi (ZI WBK).

Sementara Prof. Thohar mengatakan Undip memiliki tanggung jawab untuk memantapkan World Class University, melalui matching fund, research, dan lain-lain. Perlunya mengatur database karena hal tersebut penting untuk sebuah universitas, baik pengetahuan, penelitian yang real time dan terintegrasi. Serta perlunya peningkatan pemeringkatan.

Pada tahap pemilihan dan penetapan calon rektor Undip oleh MWA, Prof Suharnomo berhasil meraih suara sebanyak 14 suara, Prof. Ir. M. Agung Wibowo 9 suara, dan Prof. Thohar 0 suara. Atas hasil itu, MWA Undip pun menetapkan Rektor Terpilih Undip untuk masa jabatan 2024-2029 adalah Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya