SOLOPOS.COM - Sudaryono (Antaranews.com)

Solopos.com, SEMARANG — Nama Sudaryono saat ini tengah ramai diperbincangkan di kalangan politikus Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng). Hal ini tak terlepas dari sosok Sudaryono yang tengah didorong para elite politikus Partai Gerindra di Jawa Tengah (Jateng) untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024 sebagai calon gubernur (cagub). Berikut profil Sudaryono yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jateng.

Dilansir dari laman pribadinya di sudaryono.id, Sudaryono yang karib disapa Mas Dar, merupakan pengusaha dan tokoh politik. Selain Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono juga menjabat sebagai CEO Garuda TV, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan Ketua Dewan Pembina Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Pappera).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Sudaryono merupakan jebolan SMA Taruna Nusantara. Selepas lulus dari SMA Taruna Nusantara, ia melanjutkan pendidikan di Akademi Pertahanan Nasional, Jepang, melalui jalur beasiswa.

Sekembalinya ke Indonesia, Sudaryono bergabung dengan Prabowo Subianto sebagai asisten pribadi dan CEO Nusantara Energy. Ia juga ditunjuk sebagai Wakil Sekjen Partai Gerindra.

Dikutip dari laman Internet pribadinya itu, Sudaryono disebut fasih berbahasa Jepang. Ia juga memiliki minat dalam bidang pertanian, agribisnis, industri makanan, pedagang pasar tradisional, organisasi, dan manajemen strategis.

Sudaryono sendiri menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jateng sejak 18 Oktober 2023. Ia mengisi posisi ketua menggantikan Abdul Wachid.

Nama Sudaryono saat ini memang tengah dimunculkan para politikus Gerindra untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024 sebagai cagub. Bahkan, sejumlah DPC Gerindra di Jateng telah sepakat untuk mengusung Sudaryono dalam bursa cagub.

Wakil Ketua DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, menyebut diusungnya nama Sudaryono sebagai cagub tak terlepas dari hasil Pilpres 2024, di mana Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sanggup meraih kemenangan di Jateng.

Hasil itu pun membuat Partai Gerindra semakin percaya diri dan siap mendorong kadernya untuk maju dalam Pilgub Jateng.

“Kalau Jateng 1 [gubernur], dengan kemenangan paslon 02 [Prabowo-Gibran] di Jateng, tentu memberi semangat bagi kami. Tentunya, kami akan mendorong kader Gerindra agar maju Pilgub Jateng,” ujar Sriyanto saat dijumpai wartawan di Gedung DPRD Jateng, Senin (26/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya