SOLOPOS.COM - Taisei Marukawa saat menyapa para suporter PSIS Semarang ketika berhasil taklukkan PSM Makassar. (Solopos.com, Dickri Tifani Badi)

Solopos.com, SEMARANG – PSIS Semarang resmi mengumumkan mengakhiri kontrak pemain asal Jepang, Taisei Marukawa. Pemain yang menyandang predikat Best Player Liga 1 musim 2021/2022 itu dilepas karna adanya regulasi baru terkait pembatasan pemain asal Asia pada kompetisi Liga 1 musim 2024/2025.

Berdasarkan regulasi Liga 1 2024/2025, jumlah pemain asing Asia yang boleh dimainkan dalam starting XI berjumlah 1 orang. Apabila memasukkan pemain asing Asia, pemain Asia asing yang ada di lapangan juga harus ditarik keluar.

Promosi Inilah Sederet Penghargaan Internasional yang Diraih BRI di Bulan Juni 2024

Saat ini, di kubu PSIS ada dua pemain asing Asia yang kerap mengisi posisi starting XI. Selain Taisei, PSIS juga memiliki pemain asal Timor Leste, Gali Freitas.

Dilansir dari laman Internet resmi PSIS, keluarnya Taisei dari klub berjuluk Mahesa Jenar itu telah melalu proses diskusi yang panjang. Hasil diskusi itu pun memutuskan Taisei untuk mengundurkan diri.

Manajemen PSIS pun menerima keputusan Taisei. Pemain berusia 27 tahun ini pun dilepas dengan skema transfer fee ke salah satu klub Liga 1 lainnya.

“Regulasi pemain asing Asia musim depan berubah. Klub hanya diperbolehkan memainkan satu pemain asing Asia di pertandingan. Dan di PSIS ada Gali Freitas. Maka setelah diskusi dan dipertimbangkan dengan matang, maka PSIS dan Taisei sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama dan Taisei keluar dengan skema transfer fee,” ujar Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Selasa (18/6/2024).

Taisei Marukawa pun juga mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil dengan diskusi yang panjang dan matang antara kedua belah pihak.”Di sini saya ingin berkata bahwa karier sepak bola harus terus berlanjut dan merupakan hal yang wajar sebagai seorang pemain dan klub saling berpisah,” ujarnya.

Taisei mengaku regulasi Liga 1 musim depan yang memperbolehkan pemain untuk memainkan hanya 1 pemain asing Asia membuatnya mengambil keputusan meninggalkan PSIS.

“Jadi saya berdiskusi dengan manajemen dan saya memutuskan hal ini dengan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh manajemen, tim pelatih, ofisia, teman-teman pemain, suporter atas kesempatan bermain di PSIS selama dua tahun. Sebuah kehormatan untuk saya bisa bermain di PSIS dan semoga di lain waktu dapat bertemu kembali,” tandas Taisei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya