SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas di perpustakaan (smapas7bdg.blogspot.com)

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jateng meluncurkan aplikasi iJateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan meluncurkan sebuah aplikasi yang bertujuan memuaskan minat baca masyarakat. Aplikasi yang diberi nama iJateng itu rencana diluncurkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Parnowo di Gedung Perpustakaan Provinsi Jateng di Jl. Sriwijaya No. 29 A, Semarang, Selasa (18/7/2017).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Selain peluncuran iJateng, dalam kesempatan itu rencana juga digelar Pameran Perpusatakaan dan Arsip se-Jateng, Expo Perpustakaan Provinsi Jateng, Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan, Workshop Story Telling, Lomba Mewarnai untuk anak PAUD dan TK, serta Sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah tingkat SMA se-Kota Semarang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Jateng, M. Masrofi, menyampaikan kehadiran iJateng akan mempercepat penyampaian informasi, baik peraturan, kebijakan pemerintah dan sarana publikasi bagi warga Jateng. Aplikasi ini bisa dinikmati oleh warga di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini juga tidak hanya menyediakan berbagai bahan bacaan, tapi juga fitur-fitur media sosial lainnya yang membuat pengaksesnya bisa saling berinteraksi.

iJateng merupakan aplikasi perpustakaan digital [ePustaka] yang dilengkapi reader untuk membaca eBook dan fitur-fitur media sosial, dikembangkan dalam beberapa sistem operasi sehingga bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer dan telepon pintar baik secara online maupun offline,” terang Masrofi dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Minggu (16/7/2017).

Masrofi menambahkan konsep perpustakaan digital adalah menyatukan konten dan komunitas dalam sebuah aplikasi yang mudah. Aplikasi ini diharapkan mampu menggerakan komunitas untuk berperan aktif demi meningkatkan minta baca dan kecerdasan bangsa.

“Masyarakat bisa mengakses perpustakaan digital Jawa Tengah dengan men-download iJateng di Playstore. Untuk mengunduh, mengakses, meminjam serta membaca buku dapat dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. Jadi, kini warga Jateng tak perlu bersusah payah dan menunggu waktu lama untuk mengakses buku di perpustakaan,” tutur Masrofi. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya