SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusakan akibat gempa bumi. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Puluhan rumah milik warga di berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) dilaporkan mengalami kerusakan parah hingga ringan akibat gempa berkekuatan Magnitudo 6,6 yang terjadi di barat daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6/2023) malam.

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com dari Kabid Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Dikki Rulli Perkasa, ada 12 kabupaten di Jawa Tengah yang terdampak gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 6,6 di Bantul yang terjadi sekitar pukul 19.57 WIB itu.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Ke-12 kabupaten itu yakni Kebumen, Wonogiri, Purworejo, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, Kabupaten Tegal, Banyumas. Kemudian Banjarnegara, Grobogan, Klaten, dan Brebes. Dari 12 kabupaten itu, dampak gempa Bantul paling parah terjadi di Wonogiri. Sebanyak 38 rumah milik warga dilaporkan mengalami rusak ringan, tiga bangunan sekolah rusak berat yakni SMPN 1 Paranggupito, SMK Pariwisata Pracimantoro, dan SMK 1 Giriloyo. Selain itu, satu tempat ibadah di Wonogiri juga dilaporkan mengalami rusak berat dan dua bangunan lainnya mengalami rusak sedang.

Sementara itu di Kebumen, dua rumah dilaporkan rusak sedak, 9 rumah rusak ringan, jaringan listrik mengalami kerusakan, 11 KK dengan 38 jiwa terdampak, 1 bangunan rusak berat, dan satu tempat ibadah rusak ringan.

“Total 8 kecamatan [di Kebumen] 12 desa, 12 KK, dan 42 jiwa yang terdampak [gempa Bantul],” tulis Dikki.

Sedangkan di Kabupaten Purworejo dilaporkan 3 rumah mengalami rusak berat dan 1 rumah rusak sedang. Di Purbalingga, 4 rumah rusak sedang, 2 rumah rusak ringan, dan 6 KK dari 18 jiwa terdampak.

Kemudian di Wonosobo ada enam rumah di Kecamatan Kaliwiro yang dilaporkan rusak sedang akibat gempa Bantul dan 1 tempat ibadah rusak ringan. Sedangkan satu rumaah di Salaman, Magelang, mengalami rusak ringan dan satu rumah di Desa Kaliabu, Salaman, rusak sedang.

Sedangkan di Tegal, satu warga dikabarkan mengalami luka ringan akibat gempa dan satu rumah rusak sedang di Pagedangan RT 024 dan RW 003. Sementara di Banyumas, satu rumaah dilaporkan rusak sedang dan satu rumah rusak berat.

Di Banjarnegara, gempa di Bantul juga membuat dua rumah milik warga rusak ringan, sedangkan di Grobogan satu rumah mengalami kerusakan berat. Sedangkan di Klaten satu rumah di Kecamatan Wedi dilaporkan rusak sedang dan satu rumah di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mengalami rusak ringan akibat gempa Bantul.

Dilansir akun Twitter BMKG di @infoBMKG, gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,6 itu terjadi sekitar pukul 19.57 WIB. Titik episenter gempa berada di 86 km Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan kedalaman 25 km.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, BMKG memperingatkan adanya potensi gempa susulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya