SOLOPOS.COM - Puncak Argowiloso Gunung Muria.(paresmapa.or.id)

Solopos.com, KUDUS — Gunung Muria merupakan gunung bertipe stratovolcano yaang terletak di pantai utara Jawa Tengah (Jateng). Gunung Muria terletak tiga kabupaten di Jateng ini ternyata memiliki tujuh puncak. Berikut daftar puncak Gunung Muria.

Gunung Muria merupakan gunung stratovolcano, yakni gunung api yang tersusun dari perselingan endapan piroklastika dan aliran lava, atau disebut pula dengan gunung api perisai. Apalagi gunung ini berada di 3 kabupaten sekaligus di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Jepara, Pati, dan Kudus.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Uniknya juga, Gunung Muria ini memiliki daya tarik karena memiliki tujuh puncak. Dengan ketinggian 1602 mdpl, pendaki yang datang ke Gunung Muria akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, gunung ini juga dapat dijadikan lokasi wisata religi karena terdapat makam Raden Umar Said atau juga dikenal dengan sebutan Sunan Muria.

Pemandangan di puncak adalah view paling indah yang tersaji. Apalagi tempatnya jauh dari keramaian sehingga bisa dijadikan spot untuk refreshing. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar nama puncak Gunung Muria :

• Natas Angin merupakan puncak tertinggi. Dimana jalur pendakiannya disebut dengan jalur naga, dan berada di Kabupaten Kudus.

• Puncak Songolikur berada di ketinggian 1.603 mdpl. disebut pula dengan nama Puncak 29 dan menjadi jalur pendakian yang paling populer.

• Puncak Argopiloso, berada di ketinggian 1.581 mdpl sangat cocok untuk pendaki pemula. Puncak ini berada di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

• Puncak Abiyoso, yang merupakan titik puncak Gunung Muria yang paling rendah. Di tempat inilah terdapat petilasan dari Eyang Abiyoso.

• Puncak Argo Jembangan merupakan puncak yang tak begitu luas yakni hanya sekitar 150 meter persegi saja. Puncak Argo Jembangan ini juga dijuluki Puncak Punuk Sapi dan berada di Kecamatan Gembong, Pati

• Puncak Candi Angin, sering dipakai untuk wisata religi dan tempat ibadah bagi penganut Agama hindu. Konon lokasi Candi Angin merupakan petilasan peribadatan umat Hindu dan berada di Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

• Puncak Termulus merupakan puncak yang dikenal memiliki keindahan bak surga dan belum terjamah manusia. Terletak di Pangonan, Gunungsari, Tlogowungu, Pati.

Memiliki lebih dari satu puncak, membuat Gunung Muria memiliki beberapa jalur pendakian. Tergantung puncak manakah yang menjadi tujuan. Titik puncak Gunung Muria yang sering diburu para pendaki ialah Puncak 29 atau Songolikur.

Sedangkan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit ialah menuju Puncak Natas Angin. Puncak yang paling sulit ialah Puncak Argo Jembangan dan Argowiloso. Pendaki yang ingin ke puncak ini perlu melakukan effort yang lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya