SOLOPOS.COM - Ilustrasi urea (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi urea (JIBI/Solopos/google image)

Ilustrasi urea (JIBI/Solopos/Dok.)

Kanalsemarang.com, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan alokasi pupuk urea untuk daerah ini pada 2015 sebanyak 12.130,83 ton, kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan setempat Budi Santoso.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Dari usulan sebanyak itu, terbagi untuk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan dengan jumlah bervariasi,” katanya didampingi stafnya Abdullah Muttaqim seperti dikutip Antara, Kamis (4/12/2014).

Khusus untuk komoditas tanaman padi, kata dia, diusulkan sebanyak 10.199,79 ton.

Sementara usulan alokasi pupuk jenis lain, yakni SP 36 diusulkan sebanyak 1.929,78 ton, NPK sebanyak 9.742,20 ton, ZA sebanyak 6.833,91 ton, dan organik sebanyak 9.566,93 ton.

Usulan alokasi berbagai jenis pupuk tersebut, kata dia, sudah disampaikan kepada Pemprov Jateng untuk dilakukan rekapitulasi dengan usulan dari daerah lain.

Ia mengatakan usulan tersebut disesuaikan dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). RDKK disusun berdasarkan kebutuhan pupuk petani di setiap kecamatan.

Usulan alokasi pupuk tahun depan, katanya, secara umum mengalami peningkatan dibandingkan alokasi pupuk yang diterima Kudus tahun ini, karena disesuaikan dengan target produksi tanaman padi tahun depan.

Sejauh ini, lanjut dia, kebutuhan pupuk petani di Kudus cukup aman dan tidak ada kelangkaan, karena disesuaikan dengan kebutuhan petani.

“Jika kebutuhan pupuk di Kudus bertambah, tentunya bisa mengajukan penambahan alokasi pupuk,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya