SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin puting beliung. (Freepik.com)

Solopos.com, JEPARA — Sebanyak 31 rumah milik warga Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), rusak setelahh diterjang angin puting beliung pada Jumat (10/2/2023) tengah malam, sekitar pukul 23.50 WIB.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, mengatakan peristiwa bencana puting beliung di Desa Dongos terjadi pada Jumat tengah malam.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Sebelum peristiwa bencana alam tersebut melanda desa setempat, kata dia, terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Kemudian sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada genteng atap rumah berserakan karena ditiup angin.

Berdasarkan data sementara, rumah warga yang terdampak bencana alam tersebut tercatat ada 31 unit dengan tingkat kerusakan bervariasi.

“Saat ini masih proses pendataan, guna memastikan jumlah rumah warga yang rusak kategori ringan, sedang dan berat,” ujarnya.

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa karena tidak ada rumah warga yang mengalami kerusakan sangat parah. Sementara kerugian hingga saat ini belum bisa ditaksirkan karena masih dalam proses pendataan.

Bencana angin puting beliung di Kabupaten Jepara kerap terjadi. Sebelumnya, bencana serupa juga melanda Desa Srikandang, Kecamatan Bangsri dan Desa Semat di Kecamatan Tahunan.

BPBD Jepara mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cuaca seperti sekarang ini, terutama yang berada di daerah rawan bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya