SOLOPOS.COM - Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS (kanan) didampingi Dekan Fakultas Hukum Unissula Jawade Hafidz (berbaju batik) menyerahkan sertifikat kepada salah seorang lulusan Sekolah Jurnalistik Indonesia di Gedung Pers Jawa Tengah di Semarang, Selasa (18/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Achmad Zaenal M.)

PWI Jateng mewisuda 84 orang luluskan Sekolah Jurnalistik di Gedung Pers Jawa Tengah, Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (PWI Jateng), Selasa (18/10/2016), mewisuda 84 lulusan perdana Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) di Gedung Pers Jateng, Semarang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Lulusan SJI tersebut seluruhnya mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Mereka dinyatakan lulus setelah mengikuti enam pekan kuliah jurnalistik berisi 12 materi jurnalistik, antara lain Jurnalisme Televisi, Jurnalisme Radio, Jurnalisme Cetak, Jurnalisme Daring (Online), Hukum Pers, dan lainnya.

Dekan Fakultas Hukum Unissula Jawade Hafidz menyatakan materi kuliah bersifat kompetensi tersebut penting untuk memberi bekal bagi mahasiswa yang dalam waktu dekat diwisuda sebagai sarjana hukum. “Sertifikat kompetensi ini merupakan surat keterangan pendamping ijazah. Ini penting untuk memudahkan lulusan mendapatkan pekerjaan. Jangan sampai menganggur setelah enam bulan lulus,” katanya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyatakan materi yang diterima peserta memang masih berupa jurnalistik dasar, namun itu sudah cukup sebagai bekal awal bagi sarjana hukum yang berniat barkarir di bidang Jurnalistik. “Banyak wartawan hebat dengan latar belakang bukan kuliah di jurusan jurnalistik,” kata Direktur Pemberitaan Suara Merdeka tersebut.

Sekolah Jurnalistik Indonesia ini memang masih embrional dari rencana besar mendirikan sekolah jurnaslistik yang disepakati pada peringatan Hari Pers Nasional di Batam. Pada peringatan HPN di Batam pada Januari 2015, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut menyepakati pendirian SJI.

Perkuliahan jurnalistik tersebut merupakan wujud atas janji PWI Jateng membangun SJI meskipun masih berupa embrio sekolah jurnalistik dalam pengertian akademis. Kuliah tahap kedua akan digelar pada 8 November 2016 dengan peserta mahasiswa dari Unissula yang belum tertampung pada gelombang pertama.

Peserta Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) PWI Jateng selanjutnya adalah mahasiswa dari Universitas Panca Sakti Tegal, UKSW, Unsiq Wonosobo, dan perguruan tinggi lainnya. “Kami juga akan menyertakan wartawan-wartawan muda untuk mengikuti kuliah tersebut,” kata Amir.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya