SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (JIBI/Solopos/Antara)

Ramadan hingga Lebaran 2017 diharapkan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko tak membuat warga Jateng lebih konsumtif.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Heru Sudjatmoko mengimbau warganya untuk tidak berperilaku konsumtif, terutama selama bulan Ramadan hingga Lebaran 2017 mendatang.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan sekadar menahan lapar dan haus, melainkan juga mengendalikan hawa nafsu dan keinginan-keinginan berlebihan, termasuk menahan perilaku konsumtif atau belanja secara berlebihan,” tuturnya di Kota Semarang, Jumat (9/6/2017).

Menurut Heru, pada bulan Ramadan seperti sekarang ini inflasi cenderung tinggi karena masyarakat banyak yang boros dalam berbelanja. Perilaku konsumtif masyarakat saat berpuasa di bulan Ramadan biasanya justru semakin tinggi dibandingkan hari-hari biasa.

“Selain karena keinginan membeli kebutuhan pangan, hal itu juga akibat tidak sedikit masyarakat yang membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari secara berlebihan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan sehingga pengeluaran semakin membengkak,” ujarnya.

Berdasarkan realita tersebut, politikus PDI Perjuangan itu mengimbau masyarakat membeli bahan makanan dan barang-barang untuk kebutuhan Lebaran 2017 mendatang sesuai kebutuhan saja, tak perlu berlebih-lebihan. “Selain memicu inflasi, jika seseorang tidak mampu mengendalikan nafsu berbelanja akan berpengaruh buruk terhadap keuangan keluarga,” katanya.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Ferry Firmawan menambahkan, kunci utama menjalankan ibadah puasa adalah pengendalian diri. “Sudah seharusnya masyarakat memiliki manajemen diri untuk mengenali dan mengelola dirinya secara fisik, emosi, pikiran, jiwa, serta spiritual sehingga mampu memengaruhi orang lain, mengendalikan maupun menciptakan realitas kehidupan sesuai dengan tujuan hidupnya,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya