SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang barang kebutuhan pokok (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ramadan 2017, sejauh ini tak ada pelonjakan harga komoditas bahan pokok di Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sejauh ini masih stabil selama bulan Ramadan ini. Kondisi harga bahan pokok yang stabil ini tak terlepas dari lancarnya pasokan dari distributor.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Beras masih stabil, yang kualitas medium seperti mentik wangi harganya di kisaran Rp9.000-10.000/kg,” kata salah satu pedagang di Pasar Peterongan Semarang, Ning, seperti dikutip laman berita Antara, Rabu (31/5/2017).

Untuk komoditas lain, dikatakannya, juga masih relatif stabil, di antaranya minyak goreng Rp11.000-12.000/kg, gula pasir Rp12.000/kg, telur ayam di harga Rp19.000/kg, dan bawang merah Rp25.000/kg.

Meski demikian, harga bawang putih masih bertahan tinggi sejak satu bulan lalu, berkisar di harga Rp60.000.

Pedagang lain, Irma mengatakan harga bawang putih belum mengalami penurunan.

“Kalau saya beli dari distributor Rp57.000/kg, sedangkan kalau jual Rp60.000/kg. Meski harga masih cukup mahal, pembelinya tetap banyak karena termasuk bumbu pokok,” katanya.

Sementara itu, untuk komoditas pokok lain yaitu cabai rawit merah saat ini harganya antara Rp40.000-50.000/kg. Menurut salah satu pedagang, Sri, harga ini masih relatif stabil.

“Beberapa hari lalu yang sempat mengalami kenaikan harga cabai besar hijau, dari Rp18.000/kg menjadi Rp20.000/kg, tetapi saat ini sudah normal kembali,” katanya.

Daging sapi dan ayam hingga saat ini harganya juga masih stabil. Salah satu pedagang daging, Tutik mengatakan harga daging sapi di kisaran Rp100.000/kg, sedangkan harga daging ayam Rp32.000/kg.

“Kalau daging ayam naik turun, tergantung pasokan dari distributor. Biasanya mendekati Lebaran makin banyak peternak yang melepas ternakannya, jadi harga justru malah anjlok,” katanya.

Ia mengatakan kondisi tersebut berbeda dengan daging sapi. Melihat tahun-tahun sebelumnya, saat mendekati Lebaran harga daging sapi makin mahal yaitu mencapai Rp120.000/kg.

“Tapi kalau dibandingkan dengan daerah lain seperti Jakarta, untuk harga daging sapi di Jawa Tengah masih tetap lebih murah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya