SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama istri, Krisseptiana, mengikuti Kirab Budaya Dugder 2017. (Instagram-@hendrarprihadi)

Ramadan 2017, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mencanangkan gerakan bersih-bersih masjid.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pada bulan suci Ramadan ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan sebuah gerakan untuk meningkatkan kepedulian umat Islam di Semarang terhadap tempat ibadahnya. Gerakan itu tak lain adalah gerakan bersih-bersih masjid lewat kampanye Jarik Masjid atau kepanjangan dari Jumat Reresik Masjid.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Di bulan Ramadan ini, aktivitas kan lebih banyak dilakukan di masjid dan musala. Maka, luangkan waktu sejenak untuk ikut gerakan Jarik Masjid ini,” kata pria yang akrab disapa Hendi itu, seperti dikutip laman berita Antara, Kamis (1/6/2017).

Gerakan Jarik Masjid dijadwalkan dimulai oleh Hendi di Masjid Al Khusuf yang berada di kompleks Balai Kota Semarang, Jumat (2/6/2017).

Seiring dengan itu, gerakan Jarik Masjid juga akan dilaksanakan secara serentak di 177 masjid yang tersebar di seluruh kelurahan di Kota Semarang.

Orang nomor satu di Kota Semarang itu, mengajak seluruh umat muslim di Semarang untuk memakmurkan masjid dan musala pada Ramadan ini, salah satunya dengan menjaga kebersihan di tempat ibadah itu.

“Kami menargetkan selama bulan Ramadan 1438 Hijriah ada 708 masjid dan musala di Semarang yang dibersihkan secara gotong royong melalui gerakan Jarik Masjid ini,” kata Hendi.

Hendi yang menerima penghargaan dari Kementerian Agama karena aktif menjaga kerukunan itu pun menyampaikan ajakannya untuk gerakan Jarik Masjid di akun Instagram pribadinya.

“Mulai Jumat besok kita mulai gerakan #JarikMasjid (Jumat Reresik Masjid) …” demikian tulis penerima rekor Muri untuk kepala daerah yang Shalat Berjamaah di Masjid Terbanyak itu di caption akun Instagramnya.

Berbagai komentar dukungan pun berdatangan dari warganet, seperti akun @oktobertamagda yang menuliskan “Mantaaaap Soooulll !!! Seorang pemimpin juga harus memperhatikan kebutuhan rohani rakyatnya”.

Banyak pula warganet yang menyambutnya dengan meminta di masing-masing masjid yang ada di lingkungannya untuk ikut dibersihkan dalam gerakan Jarik Masjid yang diinisasi Hendi itu.

Seperti akun @p_nugroho yang menulis “Masjid Al-Amien Jangli Perbalan Kel. Ngesrep Kec. Banyumanik Pak @hendrarprihadi”, kemudian @ltriyulia “Masjid Shodiqul Ibad Kec Gajahmungkur, Kel Gajahmungkur”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya