SOLOPOS.COM - Salah satu tempat kuliner di dekat kampus Undip, Tembalang, Semarang, Sowak atau Sop Iwak. (Instagram @sowak_sopiwak)

Solopos.com, SEMARANG – Bagi mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) yang tinggal di sekitar kampus atau kawasan Tembalang, Kota Semarang, sepertinya tidak perlu khawatir untuk menemukan tempat makan yang cocok. Selain harganya murah, sederet tempat kuliner di sekitar kampus Undip Tembalang juga memiliki cita rasa yang enak.

Kawasan sekitar kampus Undip Tembalang selama ini memang dikenal sebagai kawasan yang ramai. Di kawasan itu tidak hanya berdiri sejumlah kampus perguruan tinggi swasta dan negeri, tapi juga banyak berdiri tempat-tempat makan dan indekos.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Oleh karenanya tak heran jika kawasan Tembalang bisa dijadikan whislist tujuan kuliner. Berikut daftar tempat kuliner di sekitar kampus Undip Tembalang yang cocok bagi mahasiswa.

1. Waroeng Spesial Sambal (Waroeng SS)

suai nama warungnya, Waroeng Spesial Sambal atau Waroeng SS ini menghidangkan berbagai jenis sambal khas Nusantara. Menikmati menu utama seperti ayam goreng, ikan goreng, seafood, dan aneka tumisan dapat dinikmati bersama menu sambal seperti sambal bawang, sambal terasi, sambal korek, hingga sambal jengkol. Harganya juga sangat bersahabat. Waroeng Spesial Sambal ini berada di jalan Tirto Agung Nomor 32, Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Dilansir dari waroengss.com, harga nasinya Rp4500, sambalnya mulai dari Rp2000 hingga Rp9000. Sedangkan menu utama dibanderol mulai dari Rp4.000 hingga Rp43.500. Tetapi ada juga menu paket mulai dari Rp11.000 hingga Rp26.000.

2. Penyet Kuah Timoho

Tempat kuliner di dekat Kampus Undip Tembalang selanjutnya yang recommended adalah Penyet Kuah Timoho. Kuliner ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan kuliner penyet pada umumnya.

Jika biasanya penyet disajikan dengan sambal dan lalapan, di tempat makan ini penyetnya akan dihidangkan bersama kuah santan spesial yang kaya rempah. Untuk rasanya tidak kalah dengan penyet pada umumnya. Penyet disini memiliki cita rasa pedas, gurih, dan wangi dengan tambahan kemangi.

Menu penyet disini sangat beragam ada penyet lele, bawal, nila, kakap, ayam, tempe, tahu, telur, dan ati ampela. Harganya juga mulai dari Rp10.000 sudah termasuk nasi. Kuliner ini berada di Jalan Timoho Raya No.32, Bulusan, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Ayam Panggang Lombok Cengis

Kedai makan ini berada di jalan Tirto Agung Nomor 17A, Pedalangan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kelembutan ayam di tempat ini beradu sempurna dengan bumbu ayamnya. Di tempat ini juga ada lauk tambahan seperti tahu dan tempe goreng. Tempat ini juga menyajikan sambal mangga muda atau sambal pencil dengan cita pedas asam yang khas. Tak hanya ayam panggang, ada juga menu lain seperti bebek panggang, gurami bakar, dan gurami saus padang. Dilansir dari akun Instagram @ lombokcengis_id, ada juga menu nasi kotak mulai dari harga Rp15. 000, dan dapat dipesan melalui aplikasi.

4. Mie Gacoan Tembalang

Tempat kuliner yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi anak muda, tak terkecuali juga yang tinggal di sekitar kawasan kampus Undip Tembalang. Mie Gacon ini harga yang terbilang murah, porsinya juga cukup banyak. Selain bisa di order saat tak ingin memasak, kedai Mie Gacoan juga dapat menjadi rekomendasi bagi anak muda yang ingin berkumpul. Apalagi tempatnya yang cozy bisa membuat pelanggan betah. Karena tempatnya selalu ramai setiap waktu, jika makan di tempat ini bisa mencoba beberapa menu sekaligus. Untuk harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp10.000. Di sini selain bisa menikmati menu mi dengan berbagai varian, pelanggan juga bisa menambah side dish lain, seperti dimsum, pangsit goreng, cireng, atau udang keju.

5. Sowak Sop Iwak

Menu utama kedai yang ada di jalan Banjarsari Selatan Nomor 18, Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah ini adalah sup ikannya. Sup ikan yang dipadukan dengn kuah gurih dan asam memang bisa menggugah selera makan. Tetapi tak hanya sup ikan saja yang ada, menu lainnya yang tak kalah lezat pun juga ada. Menu lainnya seperti rica-rica, mi goreng, nasi goreng, steamboat, tom yam, dan hot plate seafood pun juga ada. Harganya pun juga terjangkau, mulai dari Rp16.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya