SOLOPOS.COM - Para petani kopi dan tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berdoa bersama dengan membawa tumpeng di Alun-Alun Temanggung, Minggu (27/8/2023). (ANTARA/Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Ada cara unik yang dilakukan para petani kopi dan tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam mensyukuri nikmat Allah SWT. Ribuan petani kopi dan tembakau itu menggelar syukuran dengan membawa sekitar 1.500 tumpeng dan ingkung ayam serta lauk pauknya, Minggu (27/8/2023).

“Kegiatan itu merupakan syukuran dan selamatan para petani kopi dan tembakau,” kata Bupati Temanggung, M. Al Khadziq, saat mengikuti acara itu di Alun-alun setempat.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Dia mengatakan acara itu juga untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT semoga rezeki dari panen kopi menjadi rezeki yang berkah. Selain itu, panen tembakau dapat berjalan lancar hingga paripurna dan hasilnya menjadi rezeki yang melimpah, berkah, dan bermanfaat.

Dalam kegiatan tersebut beberapa kelompok tani baik kopi maupun tembakau dari berbagai wilayah di Kabupaten Temanggung membawa tumpeng nasi ke Alun-alun Temanggung, kemudian berdoa dan dilanjutkan makan tumpeng bersama-sama.

Khadziq juga berharap perwakilan pabrik rokok di Temanggung membeli tembakau dengan harga mahal. Selain itu, industri juga diharapkan mengerti dengan nasib petani bahwa sekarang biaya menanam tembakau bertambah mahal, sehingga ketika membeli dari petani juga dengan harga mahal.

“Semoga petani untung, bakul untung, dan pabrik juga untung, begitu juga petani kopi dan bakul untung semua,” katanya yang dikutip dari Antara.

Menurut dia, petani kopi dan tembakau adalah petani yang paling mendekatkan diri dengan Allah SWT, karena ketika mau tanam sudah berdoa/selamatan wiwit, mau petik tembakau juga selamatan, dan mau merajang tembakau juga selamatan.

“Selamatan mengharap ridlo Allah SWT, berdoa kepada Tuhan YME supaya ikhtiar itu menjadi rezeki yang berkah,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Temanggung selalu ingin bersama dengan petani kopi dan tembakau. Petani senang pemerintah juga senang, petani susah pemerintah juga susah. Oleh karena itu, pemerintah daerah selalu minta kepada industri agar membeli tembakau Temanggung dengan harga pantas sesuai kualitas.

“Tolong belilah semua tembakau Temanggung, jangan sampai ada sisa. Tetapi saya juga minta seluruh petani tembakau Temanggung jaga selalu kemurnian tembakau Temanggung. Jangan dicampur-campur karena tembakau Temanggung paling tinggi kualitasnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya