SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (Freepik)

Solopos.com, BANYUMAS — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), menyatakan ada 148 calon haji dari daerah itu yang rencana diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini belum melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraaan Ibadah Haji atau BPIH. Ratusan calon haji itu pun terancam batal ke Tanah Suci jika tidak segera melakukan konfirmasi pelunasan BPIH.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Purwanto Hendro Puspito, mengatakan pihaknya hingga saat ini masih memantau 148 calon haji yang belum melaksanakan konfirmasi pelunasan BPIH tersebut. Hal itu dikarenakan batas akhir pelunasan adalah Jumat (5/5/2023).

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Apakah 148 orang ini tidak melunasi ataukah belum tahu batas akhir pembayarannya, ini yang kami pantau. Kalaau tidaka melaksanakan konfirmasi [pelunasan BPIH hingga Jumat] akan dianggap menunda akan mengundurkan diri,” ujarnya.

Ia mengatakan jika calon haji tersebut menunda keberangkatan atau mengundurkan diri akan digantikan dengan calon lain yang telah masuk dalam daftar cadangan. Dia menyebut jumlah calon haji asal Banyumas yang berhak melunasi BPIH pada 2023 sebanyak 1.272 orang. Namun dari jumlah sebanyak itu yang berada di posisi aman 1.169 orang, sedangkan sisanya yakni 103 orang masuk daftar cadangan.

Dari 103 orang yang masuk dalam daftar cadangan, kata dia, 83 orang di antaranya telah melaksanakan konfirmasi pelunasan BPIH. Secara keseluruhan, lanjut dia, calon haji asal Banyumas yang sudah melaksanakan konfirmasi pelunasan BPIH mencapai 1.049 orang.

“Nanti kalau ada kemungkinan open seat ya, nanti [yang masuk daftar cadangan] bisa naik. Kemarin yang menyatakan menunda keberangkatan ada 54 orang dan batal ada satu orang,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, dia mengaku, sudah berkoordinasi dengan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) untuk mengingatkan jemaah yang belum melaksanakan konfirmasi pelunasan BPIH agar segera melaksanakannya sebelum batas akhir pelunasan.

Kantor Kemenag Banyumas saat ini juga tengah menyiapkan bimbingan manasik tingkat kabupaten yang dijadwalkan di Gedung IPHI Banyumas, 8-9 Mei 2023. Selanjutnya, bimbingan manasik tingkat kecamatan pada 10-12 Mei.

“Sementara untuk pemberian vaksin meningitis bagi calon haji sudah mulai berjalan di puskesmas-puskesmas. Demikian pula dengan paspor beserta dokumen perlengkapan lainnya sudah mulai berjalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya