SOLOPOS.COM - Mahasiswa dan pemuda menghadiri acara Ngopdar (Ngopi Bareng Masdar) di Burjuis Kafe, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (15/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG–Ratusan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa dan Pemuda Pembela Rakyat (Masdar) dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang mendeklarasikan dukungan mereka kepada Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah Sudaryono.

Ketua Umum Masdar, Syifak Muhammad Yus, mengatakan setelah deklarasi dukungan ini dilakukan, selanjutnya mahasiswa dan pemuda di Semarang Siap memenangkan Sudaryono menjadi Gubernur Jateng periode 2024-2029.

Promosi KUR BRI Bantu Usaha Kayu Rotan di Malang Bangkit dari Krisis

“Saya bersama mahasiswa dan pemuda berkomitmen membawa gagasan perbaikan untuk Jawa Tengah bersama Mas Sudaryono,” kata Syifak saat acara Ngopdar (Ngopi Bareng Masdar) di Burjuis Kafe, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (15/6/2024).

Acara Ngopdar tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari Universitas Sultan Agung (Unissula), UIN Walisongo Semarang, Universitas Wahid Hasyim, dan Universitas Semarang, serta pemuda yang ada di Kota Semarang.

Dalam upaya memenangkan Sudaryono, kata dia, pihaknya bersama pemuda di Semarang akan bahu-membahu mengenalkan Mas Dar -sapaan akrab Sudaryono- kepada masyarakat. Mereka yakin Sudaryono akan membawa Jateng yang maju dan mapan.

“Konsolidasi ini akan terus kami lakukan bersama mahasiswa dan pemuda di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah, ini akan road show ke depannya, bahkan nantinya kami akan kawal hingga TPS,” katanya.

Hal senada disampaikan peserta deklarasi, Ayu Wanovika. Ia mengatakan Jawa Tengah saat ini memerlukan sosok pemimpin yang andal dalam sektor ekonomi untuk mewujudkan kemapanan masyarakat. Hal itu, kata dia, ada pada sosok Sudaryono.

“Kondisi Jawa Tengah dari sektor ekonomi serta pertanian masih jauh dari kata sejahtera. Maka dari itu Jawa Tengah membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki catatan baik dalam bidang ekonomi dan pertanian guna bersama-sama menciptakan nasib petani dan pejuang ekonomi Jawa Tengah lebih mapan,” ujar Ayu saat acara tersebut.

Sudaryono sendiri merupakan anak dari seorang petani. Ia sangat mengerti akan masalah dari petani. Sosoknya sebagai pengusaha dan politikus juga dinilai sangat mengerti mengenai masalah ekonomi, termasuk untuk membenahi ekonomi Jateng.

Masih di tempat yang sama, mantan Presiden Mahasiswa Unissula, Aqil Yusuf Hidayat, ikut mengajak mahasiswa dan pemuda di Jawa Tengah untuk mencontoh Sudaryono yang berperan aktif dalam perhelatan politik di daerah dan nasional.

“Masih banyak pemuda yang antipati terhadap politik, padahal jika kita telusuri lebih jauh kebijakan di negara kita tercipta melalui proses politik. Kita contoh Sudaryono yang terlahir dari keluarga petani, namun memiliki tekad besar membawa Jawa Tengah lebih maju dan mapan,” katanya.

Sementara itu, Khulwa, mahasiswa UIN Walisongo Semarang, menyampaikan kondisi geografis Jawa Tengah dengan segudang permasalahan yang tak kunjung selesai. Oleh karena itu, butuh pemimpin yang mampu menyelesaikan persoalan tersebut.

“Maka butuh pemimpin yang kerja nyata, bukan hanya piawai bertutur kata tanpa ada kontribusi yang nyata,” tutupnya.

Di akhir acara tersebut, para mahasiswa dan pemuda yang berkumpul melakukan deklarasi yang langsung dipimpin oleh Syifak, selaku Ketua Umum Masdar, untuk sepenuhnya berjuang bersama Sudaryono hingga meraih kemenangan di Pilkada Jawa Tengah ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya