SOLOPOS.COM - Pelaksanaan kegiatan Onthel Kebangsaan 2 di Jateng, Minggu (30/7/2023). (Istimewa/jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menggelar kegiatan Onthel Kebangsaan 2, Minggu (30/7/2023). Kegiatan tersebut bertujuan merawat keberagaman dan kemajemukan sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjelang Pemilu 2024.

Rute Ngonthel Kebangsaan 2 ini dimulai dari depan kantor Gubernur Jateng-Gereja Katedral-Kelenteng Sam Poo Kong-kawasan Kota Lama-berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Para peserta Onthel Kebangsaan 2 dilepas Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen. Pada kesempatan itu, Wagub juga menyempatkan bersepeda bersama berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha, jajaran aparatur sipil negara, dan komunitas masyarakat.

“Kita memiliki kemajemukan, baik itu kesukuan, kedaerahan, keberagaman yang tentu itu semua perlu kita satukan dengan nawacita Bhinneka Tunggal Ika. Dengan kegiatan ini kami harap seluruh elemen, baik tokoh masyarakat, tokoh agama bisa bersatu, nyawiji membangun negara ini,” kata Taj Yasin Maimoen seperti dikutip dari Antara, Minggu.

Wagub mengatakan kesadaran bergotong royong sangat diperlukan dalam upaya membangun bangsa. Sehingga semua perbedaan seharusnya tidak menjadi batu penghalang untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

“Yang penting aksi nyata kita untuk menyatukan jiwa kita, pikiran kita, hati kita. Saya yakin kedewasaan kita untuk menyatukan bangsa ini sudah matang,” katanya.

Wagub menyampaikan solidaritas juga perlu ditingkatkan menjelang tahun politik karena meskipun terdapat perbedaan dalam pandangan politik, hal itu bukan berarti harus saling menjauhi atau bermusuhan.

“Ini kita ingin mengeratkan lagi keberagaman menjelang Pemilu. Tentu yang di sini perbedaannya bermacam-macam, apalagi menjelang pilpres, pileg pasti akan berbeda, tapi saya senang melihatnya mereka guyub rukun,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya